Brugge melaju ke playoff Liga Champions setelah imbang di kandang Kiev

id club brugge,dynamo kiev,kualifikasi liga champions,liga champions

Bek Club Brugge Simon Deli (kedua kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Dynamo Kiev dalam laga kedua putaran ketiga kualifikasi Liga Champions di Stadion Olimpiade, Kiev, Ukraina, Selasa (13/8/2019) setempat. (twitter.com/ClubBrugge)

Jakarta (ANTARA) - Runner-up Belgia, Club Brugge, melaju ke babak playoff Liga Champions 2019/20 seusai bermain imbang 3-3 di kandang Dynamo Kiev dalam laga kedua putaran ketiga kualifikasi di Stadion Olimpiade, Kiev, Ukraina, Rabu dini hari WIB.

Hasil itu membuat Brugge berhak lolos dengan keunggulan agregat 4-3, berkat kemenangan 1-0 di kandang sendiri pekan lalu, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dalam laga yang diwarnai dua kartu merah, masing-masing satu untuk kedua tim, Brugge tiga kali tertinggal oleh tuan rumah namun tiga kali pula mereka berhasil menyamakan kedudukan.

Baru lima menit pertandingan berlangsung gawang Simon Mignolet langsung kebobolan oleh gol Vitaliy Buyalskiy untuk Dynamo Kiev memanfaatkan umpan kiriman Vitalii Mykolenko.

Kerja keras Brugge baru membuahkan hasil pada menit ke-38 saat Simon Deli menanduk umpan silang kiriman Ruud Vormer demi memaksa babak pertama berakhir imbang 1-1.

Awal yang buruk kembali dialami Brugge pada babak kedua, lima menit setelah sepak lanjut Volodymyr Shepelev berhasil merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras menaklukkan Mignolet untuk merestorasi keunggulan tuan rumah.

Pelatih Philippe Clement memutar otak dan memasukkan Lois Openda menggantikan David Okereke pada menit ke-81 untuk menambah daya gedor mereka, keputusan yang belakangan terbukti krusial.

Tujuh menit berada di lapangan, legiun muda Belgia itu mengirimkan umpan matang yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Vormer untuk menyamakan kedudukan 2-2 pada menit ke-88.

Harapan tuan rumah kembali melambung saat derasnya serangan mereka berhasil memaksa bek Brandon Mechele melakukan gol bunuh diri pada menit ketiga masa injury time, namun mereka masih butuh satu gol lagi untuk bisa lolos.

Sayangnya, Openda menguburkan dalam-dalam harapan itu ketika ia berhasil menyambut umpan pemain pengganti lainnya, Krepin Diatta, dan membenamkan bola ke gawang kiper Denis Boyko untuk memaksa laga berakhir imbang 3-3.

Brugge selanjutnya akan menghadapi pemenang antara Basel vs LASK di babak playoff.

Sementara itu dalam rangkaian laga lain yang berlangsung lebih awal, APOEL FC berhasil membungkam tuan rumah FK Qarabag dengan skor 2-0 untuk meloloskan diri dengan skor agregat 3-2. Sedangkan Rosenborg memantapkan keunggulan mereka dengan membekuk NK Maribor 3-1 dan lolos berbekal agregat 6-2.

APOEL masih menantikan pemenang antara Ajax kontra PAOK, sementara Rosenborg menunggu hasil antara Ferencvaros melawan Dinamo Zagreb.

Susunan pemain:

Dynamo Kiev (4-3-3): Denis Boyko; Tomasz Kedziora, Mykyta Burda, Tamas Kadar, Vitalii Mykolenko; Vitaliy Buyalskyy, Volodymyr Shepelev (Fran Sol), Oleksander Andievsky (Carlos de Pena); Viktor Tsygankov, Gerson Rodrigues, Benjamin Verbic (Artem Besedin)
Pelatih: Aleksandr Khatskevich

Club Brugge (4-3-3): Simon Mignolet; Clinton Mata, Brandon Mechele, Simon Deli, Eduard Sobol; Ruud Vormer, Mats Rits, Hans Vanaken; Percy Tau, David Okoreke (Lois Openda), Emmanuel Dennis (Krepin Diatta)
Pelatih: Philippe Clement
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar