Kepala KKP Makassar terima jamaah haji kloter 14 debarkasi Makassar

id penerimaaqn Kloter 14 Debarkasi Makassar,Jamaah haji asal Maluku,Makassar

Kepala KKP Makassar terima jamaah haji kloter 14 debarkasi Makassar

suasana penerimaan jamaah haji Kloter 14 asal Maluku dan Kota Makassar di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (28/8). ANTARA/HO-Humas Kemenag Sulsel

Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar Dr Darmawan Handoko menerima secara resmi jamaah haji kloter 14 Upg asal Maluku di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Ada 448 orang jamaah haji tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar dengan Pesawat Garuda Nomor Penerbangan GA.1214, Rabu.

Pada kesempatan itu Darmawan mengimbau pada seluruh jamaah haji bahwa selama 14 hari ke depan terhitung sejak kepulangan ke tanah air, kondisi kesehatan para jemaah haji masih akan terus dipantau oleh Tim Kesehatan haji provinsi dan kabupaten masing-masing.

"Hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan para jamaah haji sepulang dari tanah suci, " ucapnya disela acara penyambutan.

Kloter 14 Debarkasi Makassar pada saat berangkat membawa 451 orang JCH, dan pulangnya hanya berisi Jamaah haji sebanyak 448 orang yang terdiri dari 362 dari Provinsi Maluku, 81 orang dari Kota Makassar.

Hal ini disebabkan karena terdapat satu orang yang wafat di tanah suci pada 24 Agustus 2019 atas nama Luccy Rahma Sabar (wanita) Asal Kabupaten Seram Bagian Timur. Sedang seorang lagi bernama Rapiah Naping Patang (Wanita) asal Kota Makassar saat ini masih sementara dirawat di Rumah Sakit An Noer Mekkah Saudi Arabia , serta 1 orang yang Tanazul Atau Pindah Ke Kloter 12 Upg atas nama Abdurrahman Gafur Rumadaul dari Seram Bagian Timur .

Ia berharap semoga seluruh jamaah haji berada dalam kondisi sehat wal afiat, agar bisa melanjutkan kembali aktifitasnya di tengah keluarga dan masyarakat pasca ibadah haji yang meraihnya pun sangat penuh perjuangan baik fisik maupun mental.

Sementara itu Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag M Yasir Rumadaul Kabid menerima daftar manifest Jemaah Haji Kloter 14 yang baru iba di tanah air dari PPIH Makassar memimpin doa untuk jemaah Kloter 14 Upg yang meninggal dunia di Tanah Suci dan yang masih dirawat di RS. Saudi Arabia saat ini


"Jamaah sudah sangat lelah dan harus segera diistirahatkan untuk sementara di wisma Asrama Haji Sudiang, sebab siang hari ini juga sebagian Jamaah Haji sudah kembali diterbangkan menuju Kota Ambon menggunakan pesawata Domestik, semoga semuanya menjadi Haji Mabrur dan bisa menjadi contoh baik di daerahnya atau sekitarnya," katanya.

Sejumlah Pejabat asal Provinsi Maluku tampak hadir di acara penerimaan, diantaranya Wakil Walikota Tual, Para Kakankemenag Kabupaten kota asal Jamaah Haji yang ada di Kloter 14 Upg yaitu kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kota Tual serta Kota Makassar Sulsel.

Dengan Tibanya Kloter 14 Upg ini maka jumlah total jemaah haji asal Embarkasi Debarkasi Makassar yang sudah tiba di tanah air 6.350 orang.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar