BI Maluku bantu peningkatan pendidikan dan keagamaan di daerah 3T

id Bank Indonesia Provinsi Maluku,Ekspedisi Kas Keliling,Daerah 3T

BI Maluku bantu peningkatan pendidikan dan keagamaan di daerah 3T

Ketua Tim Ekspedisi Kas Keliling daerah 3T (terluar dan tertinggal (3T), Ali Hasan (tengah) menyerahkan bantuan program sosial kepada pimpinan SMK Negeri 4 dan SMP Negeri 13 kecamatan Teluk Kaiely, kabupaten Pulau Buru, (14/9). (Jimmy Ayal)

Ambon (ANTARA) - Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku ikut membantu peningkatan mutu pendidikan serta keagamaan daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) di tiga kabupaten.

"Bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian BI Provinsi Maluku untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta keagamaan di Maluku, khususnya pada daerah 3T di Kabupaten Pulau Buru, Buru Selatan dan Seram Bagian Barat (SBB)," kata ketua tim Ekspedisi kas keliling daerah 3T Ali Hasan yang dikonfirmasi di Ambon, Kamis.

Bantuan berupa peralatan olahraga, paket buku, perangkat komputer dan printer untuk sejumlah sekolah bersamaan dengan ekspedisi kas keliling daerah 3T yang dilakukan Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku, 13-19 September 2019.

Sejumlah sekolah penerima bantuan yang merupakan program sosial Kantor BI Maluku, yakni SMK Negeri 4 Buru dan SMP Negeri 13 Buru di Kecamatan Teluk Kaiely, Kabupaten Pulau Buru.

Di Kabupaten Buru Selatan bantuan peralatan komputer, printer serta paket buku dan peralatan olahraga diberikan kepada SMA Negeri Wailua dan SMK Negeri Ulima, Pulau Ambalau, serta 30 Alquran dan 20 mukena untuk masjid di Desa Ulima dan Desa Selasi.

Tim ekspedisi kas keliling daerah 3T yang bekerja sama dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon juga memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Nurul Iman dan gereja GPM Leksula di Kecamatan Leksula, Buru Selatan, berupa 15 Al-Quran, 10 Surat Yasin, dua kipas angin tempel serta masing-masing satu unit komputer dan printer dan infokus.
Ketua Tim Ekspedisi Kas Keliling daerah 3T (terluar dan tertinggal (3T), Ali Hasan (tengah) menyerahkan bantuan program sosial kepada pimpinan sekolah serta pengurus Mesjid san Gereja di Kecamatan Leksula, kabupaten Buru Selatan, (15/9). (Jimmy Ayal)

Sedangkan di Kecamatan Kapala Madan (Buru Selatan) tim ekspedisi menyerahkan bantuan paket peralatan olahraga dan buku-buku kepada pimpinan SMA Biloro, SMP Waekeka, serta genset kepada Masjid Biloro.

Di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBBT) tim ekspedisi kas keliling memfokuskan kunjungannya ke Pulau Buano, khususnya di Desa Buano Utara, Kecamatan Waisala, dengan memberikan bantuan peralatan olahraga, dan paket buku kepada SMA Negeri 17 SBB dan SMP PGRI Buano serta seperangkat genset untuk Masjid Buano Utara.

Ali Hasan berharap bantuan yang diberikan hendaknya tidak dilihat dari nilainya, tetapi dapat dimanfatkan seoptimal mungkin untuk peningkatan kualitas dunia pendidikan dan sumber daya manusia serta pelayanan keagamaan di daerah tersebut.

"Bantuan yang diberikan mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jangan dilihat nilainya, tetapi keinginan tulus untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan keagamaan masyarakat di daerah-daerah sulit," katanya.

Selain memberikan bantuan untuk sekolah dan rumah ibadah, tim ekspedisi kas keliling juga menggelar pengobatan gratis yang melibatkan dua orang dokter dari Lantamal IX Ambon, di samping kegiatan utama, yakni sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah dan penukaran uang lusuh.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar