Sulbar Usulkan Program Bangun Mandar Didanai Pusat

id anwar adnan saleh, anggaran bangun mandar, block grant, pemprov sulbar

Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengusulkan agar program Gerakan Pembangunan Desa Mandiri berbasis Masyarakat (Bangun Mandar) didanai pemerintah pusat melalui dana "Block Grant"

"Pemerintah di Sulbar sangat mengharapkan kementrian dalam negeri dapat mengalokasikan anggaran block grant untuk program bangun mandar yang telah dicanangkan pemerintah di sulbar sejak tahun 2010 hingga tahun ini,"kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, program bangun mandar untuk memberdayakan masyarakat di pedesaan dalam rangka menekan angka kemiskinan dan memberdayakan masyarakat agar tidak lagi tertinggal merupakan program lahir dari gagasan keberpihakan masyarakat terhadap masyarakat atau program pro rakyat

"Dalam pelaksanaannya tidak akan melanggar aturan pengelolaan keuangan dan tidak akan bermasalah hukum ketika dianggarkan karena program tersebut program matang yang lahir atas kajian akademik Universitas Hasanuddin Makassar,"katanya.

Gubernur mengatakan, program bangun mandar untuk memberdayakan masyarakat dalam rangka meningkatkan ekonomi desa agar dapat berperan mendorong peningkatan ekonomi daerah sehingga harus mendapatkan dukungan pemerintah pusat, sehingga program tersebut harus mendapatkan bantuan anggaran block grant pemerintah pusat.

Ia mengatakan, program Bangun Mandar akan kembali digulirkan pada tahun 2013 mendatang sehingga harus mendapat perhatian pemerintah pusat dalam rangka semakin mematangkan program tersebut
"Program Bangun Mandar tersebut diharapkan semakin matang ke depan sehingga bantuan pemerintah pusat diharapkan kedepan,"katanya.

Gubernur sangat yakin program Bangun Mandar akan dapat memberikan dampak pembangunan sehingga Sulbar akan terus maju dan berkembang karena masyarakatnya akan sejahtera dengan program tersebut.

"Program Bangun Mandar sudah bergulir sejak tahun anggaran 2010 dengan membidik 66 desa sasaran dan tahun ini kembali digulirkan dengan menyentuh sedikitnya 135 desa sasaran, program tersebut akan terus digulirkan hingga 660 desa di sulbar tersentuh program itu,"katanya. (KR-MFH/N001)

Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar