Senin, 23 Oktober 2017

Tiga Daerah Siap Ikuti Eksibisi Porda

id anggar, ikasi sulsel, porda pinrang
Makassar (Antara Sulsel) - Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Sulawesi Selatan mengatakan sudah tiga kabupaten yang telah siap mengikuti laga eksibisi pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI 2018 di Kabupaten Pinrang, Sulsel.

Pengurus sekaligus Pelatih Anggar Sulsel, Ira Sir Idar di Makassar, Kamis, mengatakan ketiga daerah itu masing-masing Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Sinjai dan Kepulauan Selayar.

"Untuk daerah lain segera menyusul termasuk Makassar. Kami tentunya akan terus fokus dalam pembentukan kepengurusan agar anggar bisa dipertandingkan secara eksibisi pada Porda 2018," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya memiliki waktu hingga September 2017 untuk membentuk kepengurusan dan memenuhi persyaratan jumlah daerah agar cabang olahraga tersebut bisa dipertandingkan di ajang Porda 2018.

Pihaknya juga berharap dukungan seluruh pihak agar bisa membantu dalam merealisasikan rencana mempertandingkan secara eksibisi di ajang olahraga terbesar di Sulsel tersebut.

"Untuk Makassar dan beberapa daerah lain sudah ada ketuanya namun memang belum ada SK (surat keputusan). Kami tentunya akan terus fokus untuk merampungkan segala persyaratannya kedepan," ujarnya.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan mengatakan ada 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan secara eksibisi di Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI 2018 di Kabupaten Pinrang.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel, Nukhrawi Nawir mengatakan cabang-cabang olahraga itu diantaranya petanque, anggar, soft tenis, layar, muaythai, yong moo do, gateball, termasuk olahraga barongsai.

Dari cabang olahraga tersebut, kata dia, ada beberapa yang pada dasarnya bukan cabang olahraga baru seperti anggar dan layar. Bahkan dua cabang ini sudah lama menjadi unggulan Sulsel diberbagai kejuaraan termasuk pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

Sementara untuk beberapa nomor lain seperti muaythai, soft tenis, petanque, gatebal hingga yong moo do memang merupakan olahraga yang belum terlalu lama eksis di Sulsel.

Pihaknya juga berharap pembinaan seluruh cabang olahraga ini bisa terus berlanjut agar bisa lolos dan dipertandingkan secara resmi pada pelaksanaan porda 2022.

"Kami tentunya berharap cabang ini bisa semakin berkembang dan mampu menjadi unggulan di kejuaraan nasional khususnya PON. Saya kira banyak peluang untuk bisa berprestasi," ujarnya.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga