130 Peserta Ikuti Kursus Wasit Nasional

Pewarta : id kursus wasit, voli indoor

Makassar (Antara Sulsel) - Sebanyak 130 peserta se-Indonesia mengikuti kursus wasit bola voli indoor yang dilaksanakan di Makassar, Sulawesi Selatan, 25-30 April 2017.

Ketua Panitia kursus wasit nasional, Hamka Sanusi di Makassar, Selasa, mengatakan ratusan peserta dari berbagai daerah itu merupakan wasit yang sudah memenuhi sejumlah persyaratan sehingga layak dan berhak untuk ambil bagian dalam kursus nasional ini.

"Banyak yang ingin mendaftarkan diri untuk ikut namun tidak kita terima karena belum memenuhi persyaratan, termasuk soal lisensi wasit daerah dan rekomendasi dari pengprov PBVSI masing-masing," katanya.

Para peserta kursus nasional di Makassar itu diantaranya dari pulau Jawa, Nusa Tenggara Barat,Nusa Tenggara Timur, Maluku hingga Papua.

Sekretaris Umum PBVSI Sulsel itu menjelaskan, para seperta akan diuji dalam beberapa tahapan untuk mengetahui layak atau tidak diberikan lisensi wasit nasional seperti tes wawancara, tes tulis, kesehatan dan pengetahuan tentang perwasitan.

Para peserta akan dites langsung oleh insrtruktur yang kompeten seperti ketua bidang perwasitan Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Wasit nasional dan internasional PB PBVSI serta dosen olahraga dari Universitas Negeri Makassar (UNM).

"Tujuan utama tentu mendapatkan sertfikat kelulusan dan meningkatkan kualitas dan kemamuan wasit terkait perkembangan dan aturan baru dari cabang bola voli indoor,"jelasnya.

Ketua Harian PBVSI Sulsel, AKBP Edi Purwanto yang mewakili Ketua PBVSI Sulsel mengaku berbangga dan bersyukur dengan kepercayaan PB PBVSI untuk menjadi penyelenggara kursus wasit bola voli indoor nasional tersebut.

Dirinya juga berharap agar kegiatan ini dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para peserta agar bisa meningkatkan kualitas dan pengetahuannya saat memimpin pertandingan.

Peraturan olahraga bola voli terus mengalami perkembangan sehingga baik pelatih atau wasit harus bisa memahami agar bisa menjalankan sesuai aturan yang berlaku.

Selain ditunjuk sebagai penyelenggara kursus wasit se-Indonesia, pihaknya juga dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Sirkuit Nasional Voli Pasir Seri III yang direncanakan 27 September 2017.

Sirkuit nasional voli pasir 2017 direncanakan dilaksanakan sebanyak empat seri. Untuk seri pembuka dijadwalkan di Pantai Pariaman, Sumatera Barat, seri II di Sumatera Utara, dan seri IV direncanakan di Sulawesi tenggara.

Penunjukan Kabupaten Bulukumba sebagai tuan rumah dikarenakan komitmen dan keinginan besar dari Bupati Bulukumba untuk bisa dipercaya sebagai pelaksana.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar