PJI Dan Perbankan Dorong Penggunaan GNNT

id pji sulsel, jtse, gnnt

Makassar (Antara Sulsel) - Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan dengan menggandeng perbankan serta penyedia infrastruktur jalan tol, PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) mendorong penggunaan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Ketua PJI Sulsel, Abdullah Rattingan di Makassar, Selasa, mengatakan, penggunaan transaksi dengan cara non tunai sudah harus dimassifkan dari sekarang.

"Sudah saatnya kita menggunakan transaksi non tunai, apalagi kita ini adalah orang-orang yang lahir di masa milenial yang memang harus terbiasa dengan transaksi non tunai seperti ini," ujarnya.

Ia menyatakan, di negara-negara belahan dunia lain seperti Eropa, Amerika dan Asia sudah menggunakan uang elektronik dan bertransaksi dengan cara non tunai.

Di Indonesia, kata dia, harusnya sudah massif dilakukan, apalagi kampanye oleh Bank Indonesia sudah dilakukan sejak dua tahun lalu sehingga semua sarana dan infrastruktur sudah seharusnya disiapkan.

"Jangan juga pemerintah melalui Bank Indonesia dan perbankan melakukan kampanye tetapi sarana dan prasarana infrastruktur di bawah belum mendukung. Misalnya, semua merchant tempat bertransaksi juga harusnya sudah kerja sama, jadi semuanya bisa berjalan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sulawesi Maluku dan Papua (Sulampua), Bambang Kusmiarso mengatakan, GNNT sejak disosialisasikan dua tahun lalu sudah berjalan sampai saat ini.

Hanya saja, progres perjalananya tidak begitu baik karena dalam dua tahun terakhir ini penggunaan transaksi non tunai hanya mencapai persentase di atas angka 50 persen.

"Untuk persentase saat ini secara nasional itu masih berada di atas angka 50 persen dan kita kalah sama negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura," katanya.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar