Aparat Kejar Pelaku Penembakan Di Area Freeport

Pewarta : id freeport, penembakan, mile point 67

Timika (Antara Sulsel) - Aparat keamanan gabungan TNI dan Polri tengah mengejar pelaku penembakan di jalan tambang PT Freeport Indonesia, Mile Point 67, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, pada Sabtu pagi.

Pengejaran dilakukan oleh aparat keamanan gabungan bersama Satgas Pengamanan Obyek Vital Nasional PT Freeport Indonesia.

Kelompok kriminal bersenjata kembali beraksi yakni menembak dua unit kendaraan patroli jenis Toyota LWB bernomor lambung 01.4755 dan 01.5514 pada Sabtu (21/10) sekitar pukul 08.15 WIT di area sekitar 'mile point' 66 - 76 distrik Tembagapura, Mimika.

"Aksi penembakan mengakibatkan mobil mengalami kerusakan (tertembus peluru) di bagian kaca depan dan bodi sebelah kanan," kata Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon.

Victor mengatakan pascateror penembakan tersebut, aparat keamanan gabungan bersama Satgas Pengamanan Obyek Vital Nasional PT Freeport Indonesia kemudian melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Aparat keamanan yang melakukan pengejaran menemukan barang bukti berupa selongsong peluru diduga milik pelaku, yang digunakan untuk melakukan aksi penembakan dari ketinggian bukit di sekitar MP 66 sampai MP 67.

"Kami akan meneliti dan melakukan penyelidikan terhadap barang bukti tersebut, termasuk jenis peluru dan senjata yang digunakan," ujar Victor.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi AM Kamal mengatakan, peristiwa penembakan berawal saat Muhammad Jamil Lampung mengendarai mobil patroli bernomor 01.4755 dari Rainbow Mile 66 tujuan ke Sporthall Mile 68, KotaTembagapura, untuk menjemput anggota Satgas Brimob yang akan melaksanakan tugas patroli.

Pada saat melintasi turunan di area MP 67, tiba-tiba kendaraan tersebut diberondong tembakan dari arah sebelah kiri jalan mengenai kaca depan (kanan atas) dan pintu mobil samping kiri. Driver mengalami luka terkena serpihan kaca pada bagian wajah dan serpihan logam pada lengan kanan.

Setelah itu, kendaraan patroli jenis LWB bernomor lambung 01.5514 dikemudikan Joe Hatch (WNA asal Amerika) yang saat itu menyusul dari belakang, juga menjadi sasaran penembakan yang mengenai bagian kiri bawah, pintu sebelah kiri (dibawah nomor lambung) dan ban depan sebelah kiri gembos.

"Setelah kejadian tersebut, pengemudi LWB No 01.4755 terus melanjutkan perjalanan ke Mile 68 dan langsung menuju ke depan kantor SRM Tembagapura. Kemudian korban didampingi oleh salah satu anggota SRM langsung menuju ke ruang emergency RS Tembagapura untuk mendapatkan perawatan medis," tutur Kamal.

Pada pukul 09.50 WIT, mobil patroli bernomor lambung 01.4755 dijemput anggota Polsek Tembagapura bersama tim identifikasi dari Polres Mimika untuk dibawa ke Polsek Tembagapura guna pemeriksaan lebih lanjut. 
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar