Sabtu, 19 Agustus 2017

Turki Umumkan Sanksi Politik Terhadap Belanda

id turki, sanksi politik
Ankara (Antara/Xinhua-OANA) - Turki akan memberlakukan sanksi politik terhadap Belanda untuk saat ini, kata Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus pada Senin larut malam (13/3).

Sebelumnya Pemerintah Belanda melarang politisi Turki menyelenggarakan pertemuan terbuka di Rotterdam bagi satu referendum mengenai perubahan undang-undang dasar.

Sanksi tersebut akan berupa kerangka kerja politik pada saat ini, kata Kurtulmus kepada wartawan setelah pertemuan kabinet yang tindakannya terhadap Pemerintah Belanda dibahas.

Duta Besar Belandan untuk Ankara, yang saat ini tak berada di Turki, takkan diperkenankan memasuki Turki sampai Belanda memenuhi tuntutan Turki, kata Kurtulmus.

Pemerintah Turki akan membekukan "semua hubungan tingkat tinggi dan semua pertemuan yang direncanakan dengan Pemerintah Belanda, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi. Ia menambahkan izin yang diberikan kepada para pejabat Belanda pada Desember untuk penerbangan diplomatik juga dibatalkan.

Pemerintah Turki akan mengusulkan kepada Parlemen penghapusan kelompok persahabatan parlementer Turki-Belanda, kata Wakil Perdana Menteri itu.

Ketegangan diplomatik antara kedua negara tersebut meningkat pada akhir pekan, setelah Pemerintah Belanda membatalkan izin penerbangan buat Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu ke Belandan dan kemudian mencegah Menteri Urusan Keluarga Turki Fatma Betul Sayan Kaya memasuki Konsulat Turki di Rotterdam pada Sabtu (11/3).

Editor: Laode Masrafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga