Selasa, 25 Juli 2017

Jayawijaya Segera Ganti Kepala Kampung Penyalahguna DAK

id jayawawijaya, kepala kampung, dak
Wamena (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua segera mengganti kepala kampung yang menyalahgunakan Dana Alokasi Kampung (DAK).

"Saya minta kepala kampung lebih berhati-hati dalam penggunaan dana ini karena kami sudah menerima surat bahwa akan dilakukan pergantian (bukan dilakukan pergantian oleh pemerintah distrik) kepala kampung berdasarkan hasil audit dana desa, sebab banyak kepala kampung yang salah gunakan dana ini," kata Kepala Distrik Wamena Lince Kogoya di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat.

Kemungkinan, menurut Lice Kogoya, pergantian dan pemilihan kepala kampung oleh masyarakat dilakukan dalam bulan Juni.

"Karena kasus penyalahgunaan dana sudah banyak terjadi," katanya.

Untuk menghindari penyalahgunaan DAK yang juga berdampak hukum, ia mengharapkan kepala kampung bersama masyarakat merencanakan penggunaan dana tersebut dengan baik.

"Saya minta kepala kampung di wilayah Distrik Wamena agar dalam penggunaan dana desa tolong digunakan secara baik. Mulai dari perencanaan, penggunaan hingga pertanggungjawaban," katanya.

Jika penggunaan dana itu tepat sasaran, ia optimistis akan terjadi perubahan positif di masing-masing kampung.

"Dana yang diberikan pemerintah pusat melalui dana desa itu dialokasikan untuk pembangunan kampung mulai dari infrastruktur hingga pemberdayaan masyarakatnya," katanya. 

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga