Warga Istanbul padati Festival Indonesia Day

id Festival Indonesia Day,kjri istanbul,turki,Yayasan Blue Economy Jakarta

Festival Indonesia Day berupaya mempromosikan keindahan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat Istanbul (dok Kemlu)

Jakarta  (Antaranews Sulsel) - Sekitar 500 warga Istanbul,  memadati Festival Indonesia Day di ballroom Hotel Conrad yang terletak di kawasan Besiktas, Istanbul, Turki, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Festival Indonesia Day tersebut diselenggarakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul bekerja sama dengan Yayasan Blue Economy (BEF) Jakarta.

Para pengunjung yang menghadiri Festival Indonesia Day itu dapat menikmati peragaan busana karya para perancang terkenal Indonesia, aneka kuliner nusantara serta pagelaran tari dari daerah Bali, Jawa dan Kalimantan.

Beberapa dari pengunjung juga mengikuti kegiatan lokakarya membatik yang diadakan di sela-sela acara tersebut. Selain itu, acara Indonesia Day juga diisi dengan lelang barang-barang, yang hasil penjualannya akan dikumpulkan untuk disumbangkan bagi korban bencana Lombok.

Dari kegiatan lelang tersebut telah terkumpul dana sekitar 12 ribu Lira atau sekitar Rp35 juta, yang akan disalurkan oleh Perkumpulan Masyarakat Indonesia di Istanbul (MII) kepada korban bencana di Lombok.

Konsul Jenderal RI di Istanbul, Herry Sudradjat menyampaikan bahwa Festival Indonesia Day tersebut merupakan upaya untuk membawa budaya Indonesia ke tengah masyarakat Turki agar mendorong ketertarikan mereka untuk mengunjungi Indonesia.

Kegiatan Festival Indonesia yang baru pertama kali diadakan di Istanbul tersebut diawali dengan peragaan busana karya perancang Dian Pelangi dan Rumah Betawi dengan para peragawati dari Indonesia dan Turki yang dirias memakai produk kosmetik Wardah asal Indonesia.

Para pengunjung festival itu pun dihibur oleh pagelaran tari Bali, tari Kalimantan yang ditampilkan oleh warga Indonesia di Istanbul serta Tari Topeng oleh penari yang dibawa oleh BEF dari Indonesia.

Pada kesempatan itu, perwakilan dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta dan Malang turut menyampaikan mengenai potensi ekonomi dan wisata di kedua daerah tersebut kepada para pengunjung.

Festival Indonesia Day yang berlangsung Sabtu (8/9) dari pukul 12.00 siang hingga 18.00 malam tersebut dihadiri oleh masyarakat Indonesia, masyarakat Turki dan perwakilan konsulat asing di Istanbul.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar