Bamsoet bangga FKPPI sukarela ikut Jamnas bela negara

id FKPPI,Jambore Bela Negara, Bambsoet, jakarta

ilustrasi - Pendidikan bela negara (dok). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww/16.

Jakarta (Antara News) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau lebih akrab disapa Bamsoet, bangga kepada 1.350 kader Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan TNI-Polri Indonesia (FKPPI) yang sukarela mengikuti Jambore Bela Negara.

"Saya bangga dengan saudaraku semua, datang dari 34 provinsi dengan biaya sendiri, para peserta Jambore Bela Negara meneguhkan semangat cinta tanah air dan mengingatkan kembali kepada seluruh elemen bangsa tentang dari mana asal-usul mereka," kata Bambang Soesatyo saat penutupan Jambore nasional FKPPI di Jakarta, Minggu.

 Ia mengatakan, FKPPI lahir dari rahim Ibu Pertiwi, wajib bagi kita mendermakan diri menjaga kelangsungan Indonesia agar tetap eksis, tidak terkoyak oleh perang saudara maupun intoleransi yang tiada guna.

Jambore Bela Negara FKPPI dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 7 Desember 2018. Ditutup hari ini oleh Inspektur Jenderal TNI Letjen TNI Muhammad Herindra.

Bamsoet yang juga Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menuturkan, selama mengikuti Jambore Bela Negara dari tanggal 7-9 Desember 2018, para peserta banyak mendapatkan materi wawasan kebangsaan dari berbagai tokoh nasional.

Selain dirinya sebagai Ketua DPR RI, tokoh lain yang turut berpartisipasi antara lain Menteri Pertahanan Jenderal TNI (purn) Ryamizard Ryacudu, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Mayjen TNI (purn) Sudarmono serta Asrena Kapolri Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

"Selain itu, para peserta juga mendapat penempaan disiplin dan ketrampilan yel-yel dengan bantuan instruktur pendamping dari Marinir TNI Angkatan Laut," tutur Bamsoet.

Legislator Partai Golkar ini mengingatkan, ?agar upaya bela negara jangan dijadikan ajang gagah-gagahan. Melainkan menjadi kehormatan bagi setiap warga yang dijalankan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan keikhlasan.

Salah seorang pengurus Daerah XXI FKPPI Sultra, Budhi Prasojo mengatakan rasa haru dan terimakasih kepada seluruh panitia Jamnas ?Bela Negara yang telah menggembleng adik-adik peserta yang ikut selama tiga hari ini.

"Tentu sangat banyak pengalaman dan ilmu yang kita dapat selama kegiatan ini. Disamping silaturahim antara sesama anak bangsa dari seluruh Indonesia," tuturnya.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar