Presiden Jokowi tiba di Bangkok hadiri KTT ASEAN

id Ktt asean ke-34,Jokowi,Iriana jokowi,Presiden jokowi,Bangkok,Bimp-eaga,Imt-gt

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri) tiba di lokasi KTT ASEAN ke-34, di Bangkok, Thailand, Sabtu (22/6/2019).  (ANTARA)

Bangkok (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan tiba di The Athenee Hotel, Hotel Luxury Collection di Bangkok, Thailand, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEAN.



Presiden Jokowi yang menggunakan setelan jas lengkap berwarna biru tiba di lobi The Athenee Hotel sekitar pukul 12.03 WIB.



Saat masuk ke lobi The Athenee Hotel, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo memegang karangan bunga sebagai ucapan selamat datang dari pemerintah Thailand.



Kedatangan Presiden dan Ibu Negara Iriana disambut Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di The Athenee Hotel, Hotel Luxury Collection di Bangkok, Thailand, Sabtu.



Sementara Duta Besar Indonesia untuk Thailand Ahmad Rusdi beserta jajarannya juga menyambut Presiden dan Ibu Negara Iriana di lobi hotel tempat menginap selama berada di Singapura.



Berdasarkan keterangan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, dalam KTT yang berlangsung selama dua hari tersebut, Presiden akan mendorong ASEAN untuk tetap bersatu dan kokoh dalam mensikapi situasi dunia serta perkembangan global yang sangat dinamis saat ini.



Hal itu diharap dapat membawa pengaruh bagi kawasan Asia Tenggara. Salah satu upayanya yakni Presiden akan mendorong negara-negara anggota ASEAN menyepakati Pandangan Bersama tentang konsep Indo-Pasifik ASEAN.



Konsep tersebut dinilai sangat penting untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara yang telah berlangsung dengan baik di tengah dinamika geopolitik yang berkembang cepat.



Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga akan mengingatkan komitmen terhadap penyelesaian negosiasi Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang penting ditingkatkan dalam merespons perkembangan ekonomi dunia. Indonesia juga akan mengangkat isu mengenai Rakhine State.



Presiden juga akan memimpin KTT ke-12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Summit dan menghadiri pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) 13th Summit.



Presiden Jokowi pun direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara ASEAN.

Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar