"Phinisi Hospitality Indonesia" kampanyekan pengurangan sampah plastik

id Kampanye reduksi sampah, Phinisi Hospitality Indonesia

Kampanye pengurangan sampah plastik melalui anak-anak dengan cara menggambar dan mewarnai di The Rinra Hotel Makassar. ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Makassar (ANTARA) - "Phinisi Hospitality Indonesia" (PHI) sebagai salah satu perusahaan hotel di Indonesia kini sedang mengampanyekan pengurangan penggunaan sampah plastik bagi seluruh konsumen dan pengunjungnya.

Kampanye tersebut dilakukan melalui beragam aksi di masing-masing cabang hotelnya. Salah satunya Hotel The Rinra Makassar, pengurangan sampah plastik dimulai dari reduksi penggunaan sedotan.

Marcom Manager The Rinra Hotel, Azis Munawir di Makassar, Senin mengemukakan pihaknya mengampanyekan pengurangan sedotan plastik melalui anak-anak dengan mengajaknya menggambar dan mewarnai pahlawan kesenangan mereka, dilengkapi sisipan pesan pentingnya menjaga bumi.

“Jadi, pesan tentang pentingnya mengurangi sedotan plastik dapat disampaikan kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Mereka juga sangat antusias,” urainya.

Alhasil, beragam respon ditunjukkan orangtua para anak, mulai dari bersikap acuh, biasa saja, hingga ada juga yang antusias mengikuti sosialisasi pengurangan sampah oleh staf hotel.

Menurutnya, program ini dianggap sangat efektif untuk mengedukasi anak-anak sejak dini. "Apalagi pendekatan yang kami gunakan melalui gambar-gambar sudah sangat dikenal dan menjadi idola anak-anak," tambahnya.

Selain itu, kata Azis, pihaknya juga srdapat mungkin tidak menyediakan sedotan untuk berbagai macam minuman, namun ketika di antara costumer atau pengunjung meminta, maka di saat yang sama edukasi dan sosialisasi mulai dilakukan. Menyampaikan tujuan tidak menyediakan sedotan untuk kelangsungan pelestarian bumi.

Tidak dipungkiri, beberapa tamu hotel masih tetap saja menginginkan sedotan plastik namun tidak sedikit yang sudah mengerti tujuan pihak hotel. Bahkan beberapa dari pengunjung telah menyediakan sedotan milik sendiri.

Melalui program ini, secara khusus Manajemen The Rinra berharap agar dapat memberikan kontribusi nyata terhadap penyelamatan bumi dan semakin banyak orang sadar terkait pentingnya mengurangi sampah plastik demi menjaga keberlangsungan hidup dan ekosistem yang baik di bumi.

"Untuk saat ini kita pelan-pelan meminta masyarakat mengurangi sampah plastiknya hingga menghilangkan penggunaannya. Kami juga mengarah kepada kegiatan hotel yang tidak lagi menggunakan plastik, seperti pada rapat tidak ada lagi mineral botol tetapi pakai gelas," paparnya.

Beberapa cabang Phinisi Hospitality Indonesia juga melakukan kampanye reduksi sampah plastik seperti Claro Makassar, Hotel Dalton
Almadera, dan Claro Kendari.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar