ACT Sumbar siap bantu pemulangan perantau Minang dari Wamena

id ACT Sumbar, bantu pemulangan, perantau Minang, dari Wamena

ACT Sumbar siap bantu pemulangan perantau Minang dari Wamena

Kepala ACT Sumbar Zeng Wellf

Padang (ANTARA) -
Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat siap membantu pemulangan perantau Minang dari Wamena ke Sumatera Barat.
 
Kepala ACT Sumbar Zeng Wellf di Padang, Selasa menyatakan ACT Sumbar siap membantu pemerintah untuk pemulangan perantau Minang di Wamena.
 
Ia juga mengatakan terkait hal itu ACT sudah mulai menjalin kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo untuk membantu pengungsi dari Papua mulai bergeser ke Makassar.
 
"Kami berharap nantinya dari Makassar bisa sampai ke Sumatera Barat," ujarnya.
 
Selain itu ACT juga tengah menginisiasi kerja sama dengan TNI maupun maskapai penerbangan Indonesia untuk memfasilitasi para perantau Minang yang akan pulang ke kampung halaman melalui jalur udara.
 
Tidak hanya itu, ACT Sumbar juga sudah mulai melakukan penggalangan dana untuk para perantau Minang sejak 24 September berupa secara langsung turun ke jalan, ke sekolah-sekolah, ke masjid dan secara daring melalui media sosial.
 
"Alhamdulillah hingga saat ini dana terus mengalir ke rekening ACT, namun belum sempat kami hitung perkiraannya sudah mencapai puluhan juta," ujarnya.
 
Penggalangan dana tersebut juga bertujuan untuk membantu penambahan modal bagi para perantau Minang yang sudah sampai ke kampung halaman nantinya.
 
"Tentunya sesampai di kampung mereka membutuhkan modal untuk menjalankan usaha, sementara mereka pulang tanpa membawa apa-apa," sambung dia.
 
Ia juga mengatakan bagi masyarakat yang ingin berdonasi untuk para korban di Wamena tersebut bisa dikirimkan ke nomor rekening ACT, yakni Bank BNI Syariah 8660 2910 1909 0173, Bank Mandiri 127 000 77 21242, dan Bank Nagari Syariah 71000 2202 9999 8.
 
Selain menyumbangkan uang, masyarakat juga bisa menyumbangkan makanan, susu, beras pakaian yang baru, dan lain sebagainya untuk dibagikan pada para perantau Minang yang akan pulang ke kampung nantinya.
 
"Bisa dikirimkan secara langsung ke kantor ACT Sumbar yang beralamat di Ulak Karang, Kecamatan Padang Utara, Padang dan ACT cabang di Bukittinggi," sambung dia.
 
Ia juga mengimbau masyarakat agar sama-sama peduli dengan peristiwa yang terjadi di Wamena dan ikut berkontribusi membantu korban dan menyisihkan sedikit rezeki untuk korban di Wamena.
 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar