Dana Hibah Sulbar Cair Setelah Pilpres AS

id dana hibah amerika, pilpres as, anwar adnan saleh, pemprov sulbar, dana block grant

Mamuju (ANTARA News) - Bantuan dana hibah untuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat cair setelah pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) yang akan berlansung tahun ini.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Rabu, mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat mendapatkan bantuan dana "Block Grant" dalam bentuk dana hibah dari AS pada tahun 2012.

Ia mengatakan, bantuan yang didapatkan Sulbar bersama 12 Provinsi lainnya di Indonesia dari negara Amerika itu senilai 600 juta dolar AS.

Ia mengatakan, bantuan hibah hasil kerjasama antara Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) itu telah ditandatangani pada 19 November 2011.

Menurut dia, bantuan hibah itu akan mengucur ke Sulbar, setelah Pemilihan Presiden AS berlangsung tahun ini untuk digunakan sebagai pembangunan infrastruktur.

"Bantuan itu sesungguhnya sudah akan dicairkan namun karena adanya pesta demokrasi di negara itu yakni pemilihan presiden, maka pencairannya ditunda sampai pesta demokrasi itu selesai tahun ini," katanya.

Ia mengatakan, bantuan hibah untuk Sulbar akan diprioritaskan untuk Sulbar dibandingkan Provinsi lainnya di Indonesia yang juga akan menerima bantuan itu, karena Sulbar akan dijadikan "Piloct project" penerima bantuan itu.

Anwar menerangkan, bantuan hibah yang diberikan untuk Sulbar itu akan dapat berlanjut apabila dalam pengelolaannya Sulbar dianggap maksimal menggunakannya untuk percepatan pembangunan infrastruktur.

"Pemerintah AS akan melakukan monitoring mengalirnya bantuan itu ke Sulbar apakah Sulbar berhasil membangun infrastruktur untuk digunakan mendukung pembangunan ekonomi daerah atau tidak, karena itu akan dievaluasi untuk menentukan apakah Sulbar akan diberikan lagi bantuan serupa atau tidak," katanya.

Ia mengatakan, bantuan yang didapatkan setelah dilakukan diskusi selama tiga tahun terakhir untuk prospek perkembangan pembangunan bidang ekonomi Indonesia itu akan dibagi merata untuk lima Kabupaten di Sulbar.

"Sulbar diberikan bantuan ini karena kaya akan sumber daya alam yang bila dikelola dengan membangun infrastruktur yang baik, maka akan maksimal dan akan mampu menopang pertumbuhan ekonomi negara dan daerah ini," katanya. (T.KR-MFH/D009) 

Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar