16.760 Peserta Meriahkan Porseni PGRI Se-Sulsel

id gubernur sulsel, porseni, pgri, luwu timur

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (tiga kanan) pada pembukaan Porseni IV PGRI di Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, Selasa (21/11). (FOTO/Humas Pemprov Sulsel)

Luwu Timur (Antara Sulsel) - Sebanyak 16.760 peserta ikut memeriahkan pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) IV tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Luwu Timur, Sulsel.

"Porseni PGRI bertema `Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja Untuk Penguatan Karakter` ini diikuti sebanyak 16.760 orang yang terdiri atlet, ofisial dan penggembira," kata Ketua Penyelenggara, Dohri As`ari di Luwu Timur, Selasa.

Porseni VI 2017 dibuka langsung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Lapangan Merdeka, Puncak Indah Malili, Luwu Timur, itu.

Ia menjelaskan, tujuan diselenggarakannya kegiatan Porseni PGRI Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini, bukan hanya memupuk persaudaraan antara anggota PGRI dalam rangka membangkitkan semangat profesional yang bermartabat juga sebagai ajang seleksi untuk pelaksanaan Porseni PGRI tingkat Nasional 2019.

Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler mengatakan suatu kehormatan sekaligus kebanggaan karena dipercaya sebagai tuan rumahpelaksanaan Porseni PGRI IV tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurutnya, kegiatan ini tidak saja sebagai sarana silaturahmi bagi sesama guru, namun juga sebagai upaya promosi wisata bagi daerah Luwu Timur, Bumi Batara Guru.

"Selaku tuan rumah kami mengucapkan selamat datang di Bumi Batara Guru, semoga pelaksanaan Porseni PGRI dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses dan berharap seluruh tamu undangan senantiasa merasakan suasana nyaman," ujarnya.

Gubernur Sulsel SYL juga memberi arahan kepada seluruh kontingen dan menegaskan kegiatan Porseni memang untuk mencari siapa yang juara.

Namun demikian, ada hal yang lebih penting untuk menjadikan porseni sebagai momentum dan salah satu wadah untuk memperkuat ukhuwah silaturrahim sebagai guru serta mampu meningkatkan eksistensi PGRI sebagai organisasi profesi, dan membangun solidaritas dan kesetia- kawanan anggota.

Selain itu, lanjutnya, perhelatan ini diharapkan mampu meningkatkan semangat anggota dan menggugah pihak lain untuk berperan maksimal dalam memuliakan guru, menjadikan guru sebagai profesi yang kuat dan bermartabat dan meningkatkan mutu pendidikan khususnya Sulawesi Selatan dalam sistem pendidikan berkualitas.

Ia juga berpesan kepada peserta bahwa melalui Porseni dalam rangka Hari Ulang Tahun PGRI ke-72 bahwa sebagai guru dalam mendidik siswa disekolah harus menerapkan asas disiplin.

Selain itu menjadi pendidik yang mempunyai prilaku baik sehingga dapat dicontoh oleh para peserta didik kita masing masing, karena sesungguhnya guru adalah panutan bagi siswanya baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar