Berita Terkait
Makassar (ANTARA News) - Harga tiket pada sejumlah travel di Makassar, mengalami kenaikan rata-rata di atas 30 persen menjelang Natal dan tahun baru 2013.

"Tiket jurusan Surabaya yang biasanya hanya Rp400 ribu lebih kini sudah diatas Rp600 ribu," kata staf ticketing Travel Armina Cindy di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, tingginya harga tiket tersebut karena menyesuaikan harga tiket yang diperoleh dari pihak maskapai penerbangan. Kondisi itu terjadi setiap menjelang hari raya ataupun libur panjang.

Sementara rute gemuk yang dilayani, lanjut dia, umumnya adalah Surabaya, Jakarta, Ambon dan Sultra. Akibat tingginya permintaan tersebut, umumnya rute gemuk untuk H-3 sampai H-1 Natal sudah terjual.

"Kalaupun ada yang tersisa, itu hanya tiket kelas eksekutif saja yang harganya juga naik dibanding kondisi normal," katanya.

Hal senada dikemukakan staf ticketing Travel Manorian di Makassar, Yuli.

Menurut dia, tiket menjelang hari Natal umumnya sudah "full booked", begitu pula tiket menjelang pergantian tahun.

"Pemesan tiket sudah jauh-jauh hari membooking, agar masih mendapatkan "seat" (kursi)," katanya.

Hal itu diakui salah seorang pembeli tiket tujuan Manado, Sulut Vitje Monigir di Makassar.

Dia mengatakan, agar tidak kehabisan tiket, pihaknya sudah memesan tiket sejak awal Desember 2012. Alasannya, agar masih bisa mendapatkan tiket dengan harga yang cukup stabil.

"Balik ke kampung halaman merupakan momen berkumpul dengan keluarga pada malam Natal yang sudah menjadi tradisi," katanya. (T.S036/B008)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar