Peringatan WODH Makassar dirangkaikan gerakan makan ikan

id wodh makassar,gerakan makan ikan,hari kesehatan gigi,pdgi makassar,lantamal vi

Siswa SD menyikat gigi secara massal di Markas TNI Angkatan Laut Lantamal VI Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/5). Kegiatan tersebut dilaksanakan PDGI Cabang Makassar dan PT Unilever, bekerja sama TNI AL menghadirkan 1.500 siswa SD dari berbagai sekolah untuk mengikuti sikat gigi massal saat peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia atau World Oral Health Day (WOHD) 2018. (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Peringatan World Oral Health Day (WOHD) atau Hari Kesehatan Gigi dan Mulut se Dunia di gelar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Makassar rangkaikan dengan kampanye Gerakan Makan Ikan di Dermaga Layang Markas Lantamal VI, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Tahun ini memasuki tahun keenam pelaksanaan kegiatan kesehatan gigi dan mulut yang sudah dijadikan even tahunan. Kali ini tidak hanya sikat gigi massal, juga dirangkaikan dengan gerakan makan ikan," papar Pelaksana tugas Wali Kota Makassar Syamsu Rizal di Lantamal Makassar, Rabu. `

Menurutnya gerakan makan ikan tersebut sebagai bentuk sosialisasi diawal masa pertumbuhan anak tentang betapa pentingnya mengkonsumsi ikan bagi perkembangan otak dan Sumber Daya Manusianya.

"Kita arahkan anak-anak makan ikan dengan menumbuhkan keinginannya, harapan dari gerakan ini anak-anak menjadikan ikan sebagai makanan yang sehat," ujarnya.

Selain itu lanjut dia, gerakan tersebut berbasis pada potensi wilayah di Makassar dan Sulawesi Selatan, mengingat Sulsel merupakan daerah penghasil ikan. Tidak hanya itu, anak diberikan pengetahuan dini tentang pentingnya makan ikan.

Pelibatan anak-anak pada peringatan WODH 2018 sikat gigi massal dirangkaikan makan ikan, karena mereka dianggap mampu dengan cepat menerima pesan-pesan baru untuk menjadi perkembangan stimulusnya.

"Kita harapkan dengan kegiatan ini mereka lebih disiplin sikat gigi, menjaga kesehatan gigi dan mulutnya terutama mengkonsumsi makanan yang sehat untuk pertumbuhan dan kecerdasannya kelak,"tambah pria disapa akrab Deng Ical itu.

Sementara Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) Laksamana TNI Dwi Sulaksono pada kesempatan itu menuturkan kegiatan tersebut merupakan bentuk pembinaan sumber daya manusia.

"Kegiatan ini bagian dari pembinaan sumber daya manusia kita. Salah satunya dari nutrisi yang dimakan termasuk kita tingkatkan kesehatan anak-anak kita di pesisir," tambah dia.

Pihaknya memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini agar anak-anak bisa lebih cerdas sehat dan kuat dalam masa pertumbuhannya hingga menjadi orang berguna bagi bangsa dan negara nantinya.

"Kita perlu meningkatkan SDM kita kalau ingin meraih prestasi, berawal dari pemenuhan nutrisi seperti ikan yang dimakan tentu SDM itu akan bisa dikembangkan termasuk menjaga gigi dan mulut agar hidup lebih sehat," ujarnya kepada wartawan.

Kegiatan WODH diselenggarakan PDGI Cabang Makassar Kick Off Sikat Gigi Massal dengan tema `Dengan Senyum Sehat, Siap Mendukung Semangat Jiwa Kebaharian.

Dengan mengandeng TNI AL Lantamal VI Makassar sebanyak 1.500 siswa dari anak?anak nelayan di 10 Sekolah Dasar di daerah pesisir kota Makassar dilibatkan untuk sikat gigi massal dan dirangkaikan kegiatan bernuansa kebaharian seperti Gemar Makan Ikan dan Pelayaran Kapal Perang bersama dokter gigi dan anak-anak Sekolah Dasar mengelilingi pulau terdekat.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar