Atase Pertahanan Australia puji demokrasi Indonesia

id atase pertahanan australia,Komodor Roberth Plath,pilkada serentak,Tour Military Attache,soni sumarsono

Atase Militer Australia Roberth Plath (Kiri) dan Kepala Bappeda Sulsel Jufri Rahman memberi keterangan pers usai penerimaan rombongan Atase Militer secara resmi oleh Pemprov Sulsel di Makassar, Rabu. (11/7). ANTARA FOTO/Nurhaya J Panga

Makassar  (Antaranews Sulsel) - Atase Pertahanan Australia Komodor Roberth Plath memuji demokrasi di Indonesia yang sukses mewujudkan pilkada serentak.

"Berlangsungnya pilkada secara sukses menunjukkan demokrasi Indonesia yang sehat dan dinamis," katanya di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Roberth Plath mengunjungi Makassar bersama rombongan atase militer dari 19 negara lain dalam rangkaian kegiatan "Tour Military Attache" yang akan berlangsung hingga Jumat (13/7).

Menurut dia, bagi negara seperti Australia yang hanya memiliki populasi penduduk sekitar 26 juta jiwa, pelaksanaan pilkada di negara dengan populasi lebih dari 260 juta seperti Indonesia menjadi tantangan tersendiri.

"Namun terbukti pilkada dapat berjalan aman dan terkendali, ini tentu saja tidak terlepas dari peran aparat keamanan," katanya.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Soni Sumarsono mengatakan kesuksesan pelaksanaan pilkada serentak, khususnya di Sulsel, tidak terlepas dari kedewasaan berpolitik para pasangan calon di semua tingkatan.

"Paslon penuh kedewasaan berpolitik, mereka sudah saling menyapa bahkan sudah saling menyampaikan ucapan selamat antarpaslon," kata Soni.

Ia berharap sikap ini juga akan diikuti oleh para tim sukses dan para pendukungnya.

"Yang jelas, saat ini masyarakat di Sulsel telah memiliki pemimpin bersama wakilnya tentunya. Itu adalah pemimpin kita untuk lima tahun ke depan. Jadi saya kira mari kita bangun semangat kekeluargaan dan kebersamaaan sebagaimana nilai tata atau budaya Sulsel," ujarnya.

Baca juga: 40 atase militer kunjungi Sulsel
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar