KPPU Makassar sidak ke Pasar Terong

id kppu makassar,sidak,pasar terong,aru armando,memantau harga ayam potong dan telur ras

KPPU Makassar sidak ke Pasar Terong

Ketua KPPU Makassar Aru Armando (ANTARA FOTO/ Muhammad Hasanuddin)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Manajemen Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengadakan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Tradisional Terong Makassar untuk memantau harga ayam potong dan telur ras.

"Sidak ini berfokus pada harga daging ayam dan telur ayam yang mengalami kenaikan harga di pasaran," kata Kepala KPD KPPU Makassar Aru Armando di Makassar, Jumat.

Menurut dia, turunnya KPPU dan Disperindag Sulsel di pasar tradisional ini bertujuan memantau harga sejumlah pangan pokok menjelang Iduladha 1439 Hijriah.

Pantauan tersebut juga berfokus pada harga daging ayam dan telur ayam yang cenderung terus menanjak pasca-Lebaran 2018.

"Kenaikan harga daging ayam dipicu oleh kurangnya pasokan akibat bibit ayam pada tahun 2016 dikurangi dan dampaknya baru muncul sekarang," kata Aru kepada pers seusai sidak.

Kenaikan harga pakan, kata dia, juga menjadi pemicu naiknya harga daging ayam serta penarikan vaksin pada ayam yang menyebabkan bibit ayam terhambat produksinya.

Hal itu diakui Nurhudayah, pedagang ayam potong di Pasar Terong. Ia menjelaskan bahwa harga daging ayam mengalami penaikan menjadi Rp31 ribu per kilogram dari harga sebelumnya sebesar Rp30 ribu/kg.

Hal serupa terjadi pada harga telur ayam yang naik Rp3.000,00/rak dari Rp42 ribu menjadi Rp45 ribu/rak pada jenis telur ayam ras ukuran sedang.

"Kenaikan harga telur ayam ras ini sudah bermula pada bulan lalu. Harga telur ayam ras pada bulan lalu masih sekitar Rp30 ribu/rak," kata pedagang telur ayam Didin di Makassar.

Hasil pantauan lapangan KPPU ini akan dikoordinasikan dengan pihak terkait, termasuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulsel.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar