Rektor paparkan keunggulan Unhas di hadapan maba

id dwia aries tina pulubuhu,rektor unhas,paprkan keunggulan unhas

Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu (dok Antara Sulsel)

Prestasi itu tentunya akan menjadi pelecut semangat mahasiswa baru untuk berprestasi dan memberikan kebanggaan bagi Unhas. Saya berharap prestasi anda semua (mahasiswa baru) akan lebih baik di masa akan datang
Makassar (Antaranews Sulsel) - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA memaparkan keunggulan kampus yang dipimpinnya pada acara menyambutan mahasiswa baru (maba) tahun ajaran 2018, Senin.

Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu di Makassar mengatakan pilihan Unhas sebagai tempat menuntut ilmu pengetahuan merupakan opsi yang tepat karena kampus tersebut telah dipercaya oleh pemerintah sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Dwia Aries mengungkapkan Unhas sejak tahun 2012 telah memperoleh akreditasi institusi dengan kategori unggul atau kategori A, dan telah memiliki program studi yang terakreditasi A sebanyak 78 persen dari 60 program studi sarjana.

Selain itu, lanjut dia, juga telah memiliki 11 program studi yang mendapat pengakuan internasional dari AUN QA dan ABEST 21.

Unhas, kata Dwia Aries, juga tahun ini menempati peringkat ke-4 yang terbanyak meloloskan tim pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) dengan jumlah 16 tim.

"Prestasi itu tentunya akan menjadi pelecut semangat mahasiswa baru untuk berprestasi dan memberikan kebanggaan bagi Unhas. Saya berharap prestasi anda semua (mahasiswa baru) akan lebih baik di masa akan datang," ujar Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi ini.

Selain itu, Rektor Unhas juga menyampaikan wejangan kepada mahasiswa baru agar dapat memanfaatkan waktu studi dengan sebaik-baiknya dengan mengasah dan menunjukkan kemampuan akademik yang unggul dan menghasilkan `soft skill` yang baik.

Ia mengharapkan para mahasiswa agar dapat menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu, sehingga berkontribusi signifikan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas serta nama baik institusi.

"Para mahasiswa juga dapat berpartisipasi dan mengembangkan kapasitas diri pada unit kegiatan mahasiswa dan lembaga mahasiswa tingkat jurusan dan fakultas dalam bidang penalaran dan keilmuan, pengembangan karakter, minat bakat, dan kewirausahaan," katanya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Dr Arsunan, MKes mengatakan penyambutan mahasiswa baru ini dirangkaikan dengan kegiatan pembinaan kesadaran bela negara untuk membentuk karakter dan perilaku mahasiswa yang kuat, berintegritas, dan berwawasan kebangsaan.

Ia menjelaskan kegiatan yang mengangkat tema "Membangun Karakter Maritim di Era Industri 4.0" itu untuk menyiapkan mahasiswa baru dalam menghadapi dinamika industri dan dapat memahami fenomena globalisasi dan revolusi industri ke depan.

Acara penyambutan mahasiswa baru Unhas itu diikuti sebanyak 6.303 orang yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, jalur mandiri, dan Afirmasi ADIK Papua dan 3T.

Mahasiswa baru tersebar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (436 orang), Fakultas Hukum (493 orang), Fakutas Kedokteran (481 orang), Fakultas Teknik (1.104 orang), Fakultas Isipol (548 orang), Fakultas Imu Budaya (450 orang), Fakultas Pertanian (654 orang).

Selain itu Fakultas MIPA (452 orang), Fakultas Peternakan (247 orang), Fakultas Kedokteran Gigi (143 orang), Fakultas Kesehatan Masyarakat (286 orang), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (419 orang), Fakultas Kehutanan (212 orang), Fakultas Farmasi (161 orang) dan Fakutas Keperawatan (217 orang).
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar