Lantamal VI pangkas pohon awal musim hujan

id Tenang pohon, awal musim hujan, Lantamal VI, Makassar o

Sejumlah pohon di jalan Nasional Andi Pangeran Pettarani ditebang untuk kepentingan pembangunan jalan Tol Layang di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis. Proyek tersbut yang akan menghabiskan anggaran Rp2,2 triliun diperkirakan selesai dua tahun mendatang . Darwin (/)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) melakukan pemangkasan pohon-pohon di Jalan Satando dan Yos Sudarso atau sekitar wilayah markas komando untuk mengantisipasi pohon tumbang awal musim hujan ini.

"Di sekitar Mako Lantamal ini beberapa ruas jalan seperti Jalan Satando dan Yos Sudarso itu banyak pohon-pohon besarnya dan kita melakukan pemangkasan adalah bagian dari upaya antisipasi," ujar Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Lantamal VI Letkol Marinir Akhmad Mokhorji di Makassar, Senin.

Ia mengatakan pemangkasan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya musibah akibat pohon dan ranting yang patah, bahkan tumbang saat angin berhembus kencang pada musim penghujan tersebut.

Letkol Ahmad menyatakan pemangkasan sekaligus perapian ranting-ranting pohon di wilayah Lantamal VI tersebut dilaksanakan oleh Dentasemen Markas Lantamal VI bekerja sama dengan Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar.

"Kami meminta bantuan kepada Dinas Tata Ruang dan Bangunan Makassar karena mereka punya alat dan kendaraan. Personel Lantamal ikut membantu merapikan dan memangkas pohon," katanya.

Dia berharap upaya pemangkasan yang dilakukannya itu bisa memberikan rasa aman kepada anggota ataupun masyarakat umum yang lalu lalang di jalan-jalan umum tersebut supaya saat angin kencang disertai hujan tidak ada lagi pohon dan ranting yang berjatuhan.

"Pemangkasan dilaksanakan di sekitar wilayah Mako Lantamal VI yang terdapat pohon-pohon besar yang rindang dan tinggi agar dapat meminimalkan resiko kecelakaan akibat tertimpa pohon tumbang terutama saat musim hujan sekarang ini," ucapnya.

Pemangkasan juga bertujuan untuk merapikan setiap pepohonan yang ada sekaligus untuk membuat Lantamal VI ini terlihat indah, rapi dan bersih serta tidak semrawut.
 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar