Indonesia perkenalkan budaya di Festival Oriental DI Meksiko

id meksiko,Festival Oriental , KBRI Mexico City, Aris Heru Utomo,angklung

Ilustrasi. Penampilan peserta orkestra angklung pada acara Muscat Festival 2019 yang diselenggarakan di Naseem Park Muscat Oman. (Foto Istimewa)

London (Antara News) - Kedutaan Besar Indonesia di Mexico City berupaya untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke masyarakat Meksiko dalam Festival Oriental 2019 yang diadakan Pemerintah Mexico City di Parque Mexico, 23-24 Februari 2019.

Kuasa usaha sementara KBRI Mexico City, Aris Heru Utomo dalam keterangan di London, Minggu mengatakan dalam festival yang diikuti China, Jepang, Korea Selatan, India, Filipina, Thailand, dan Vietnam, KBRI Mexico City memperkenalkan kesenian Indonesia dalam bentuk tari saman dan permainan angklung.

Selain itu, juga diperkenalkan beberapa produk perdagangan dan program beasiswa pendidikan Kemitraan Negara Berkembang (KNB) untuk menarik minat pemuda Meksiko berkunjung dan belajar ke Indonesia.

Dikatakannya dalam rangka ikut berkontribusi mengembangan sumber daya manusia dan mempromosikan pemahamam budaya yang lebih mendalam dan memperkuat kerjasama di antara negara berkembang, KBRI Mexico City juga menawarkan program beasiswa di universitas terkemuka di Indonesia.

Menurut Aris Heru Utomo, antara periode 2009-2017, Pemerintah Indonesia memberikan 992 beasiswa kepada siswa yang berasal dari 71 negara berkembang di seluruh dunia, sayangnya peserta asal Meksiko masih dihitung dengan jari sebelah tangan memanfaatkan program beasiswa KNB, jelas Aris Heru Utomo menanggapi alasan ditampilkannya program KNB dalam Festival Oriental 2019.

Selain meningkatkan promosi dan publikasi ke kampus di seluruh wilayah Meksiko, kedutaan Indonesia juga memanfaatkan kegiatan di Festival Oriental mempublikasikan tawaran beasiswa KNB.

Diharapkan akan lebih banyak lagi anggota masyarakat Meksiko mengetahui keberadaan program beasiswa KNB tersebut , ujar Aris Heru Utomo.  

Sejak dibuka pukul 10.00, Festival Oriental yang digelar di salah satu taman teramai di tengah kota Mexico City, terlihat tingginya antusiasme masyarakat mengunjungi berbagai tenda peserta pameran yang ditata rapih mengelilingi area bagian tengah taman. Sebagian warga Mexico City memanfaatkan akhir pekan mengetahui mengenai budaya oriental dan mencoba hal-hal baru yang ditawarkan di tenda peserta pameran, termasuk informasi mengenai kesempatan beasiswa pendidikan program KNB yang ditawarkan Pemerintah Indonesia.

Banyak anak muda Meksiko tertarik untuk mengetahui mengenai budaya masyarakat Asia dan berkeinginan menempuh pendidikan lanjutan tingkat Master di Asia, tetapi tidak memiliki informasi mengenai hal tersebut. Karena itu, KBRI Meksiko menyediakan informasi beasiswa KNB, anak muda dan didorong orang tua mereka memanfaatkan kesempatan bertanya mengenai peluang belajar di Indonesia, tidak sedikit diantara anak- muda yang bertanya masih duduk di bangku sekolah menengah.

Selain tertarik dengan informasi beasiswa, anak muda Meksiko juga tertarik dengan tarian Saman yang ditampilkan. Tidak sedikit diantaranya yang berkeinginan untuk bisa mempelajari tarian asal Aceh itu.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar