Kemenperindag akan revitalisasi Pasar Toddopuli Makassar

id dinas perdagangan makassar, revitalisasi Pasar Toddopuli Makassar, Nielma Palamba

Nielma Palamba (Dok. ANTARA Foto/Darwin Fatir)

Makassar (ANTARA) - Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar akan merevitalisasi Pasar Toddopuli pada tahun ini dan pendanannnya akan dilakukan melalui Kementerian Perindustrian dan Perdagangan (Kemenperindag).

"Kemungkinannya tahun ini sudah bisa kita revitalisasi Pasar Toddopuli dan semua itu berkat dukungan dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan," ujar Kepala Dinas Perdagangan Makassar Nielma Palamba di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan revitalisasi pasar di Makassar sudah harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pasar-pasar tradisional menjadi pasar yang nyaman bagi masyarakat.

Beberapa pasar direncanakan untuk direvitalisasi seperti Pasar Toddopuli dan Pasar Mandai. Pada 2019 ini, direncanakan satu pasar dulu yakni Pasar Toddopuli dan menyusup Pasar Mandai setahun setelahnya.

"Untuk revitalisasi Pasar Toddopuli ini, kita mendapat bantuan dana sebesar Rp4 miliar. Anggaran revitalisasi ini sama semua bagi seluruh pasar di daerah lainnya di Indonesia yang tipe pasarnya D," katanya.

Nielma menyatakan rancangan revitalisasi untuk Pasar Mandai sudah dibuatnya dan nantinya akan dibuat menjadi pusat perdagangan dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Kalau rencana anggaran Pasar Mandai itu belum. Yang sudah dibuat itu detail engineering design untuk pasar Mandai sudah disiapkan," katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, revitalisasi pasad difokuskan pada konstruksi fasilitas penunjang untuk perdagangan dan kenyamanan pengunjung.

"Pasar ini pasar ber-SNI, standar nasional, sarana prasarana di bangun dan diperbaiki. Nantinya juga akan di bangun ruang laktasi, jadi kalau ada ibu-ibu yang membawa anaknya bisa menyusui di ruangan khusus," ucapnya.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar