MRI-ACT siapkan air bersih kurangi dampak kekeringan

id ACT kekeringan

MRI-ACT  siapkan air bersih kurangi dampak kekeringan

Sejumlah warga menerima bantuan air bersih dari MRI-ACT Jawa Tengah yang disalurkan guna mengurangi dampak kekeringan. (Foto:Dokumentasi MRI-ACT Jawa Tengah)

Semarang (ANTARA) - Sukarelawan yang tergabung Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan bantuan berupa puluhan ribu air bersih guna mengurangi dampak kekeringan yang terjadi selama musim kemarau.

"Tim MRI-ACT sudah menyiapkan ribuan liter air bersih untuk membantu berbagai wilayah yang terdampak kekeringan," kata Hamas Rausyanfikr selaku staf Program ACT Jateng di Semarang, Minggu.

Ia mengungkapkan bahwa dampak musim kemarau berupa kekeringan mulai dirasakan masyarakat di beberapa wilayah Jateng sejak April 2019, bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebagian wilayah Pulau Jawa dalam kategori siaga.

Terkait dengan hal itu, ACT Jateng sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak di berbagai kabupaten/kota sebagai upaya memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan.



Ia menyebutkan MRI-ACT Jateng beberapa waktu lalu telah menyalurkan bantuan air bersih untuk masyarakat di Dusun Pungkruk, Desa Jatirunggo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang.

Pihaknya membagi dua armada truk tangki air bersih pada dua titik distribusi, yaitu yang pertama dialirkan langsung ke bak penampungan air warga desa, sedangkan truk yang kedua langsung dibagikan pada jeriken-jeriken milik warga yang sudah mengantre.

"14 ribu liter air bersih yang diangkut dua armada truk tangki disambut gembira oleh warga Dusun Pungkruk," ujarnya.

Tidak hanya membantu warga Dusun Pungkruk, tim MRI-ACT Jateng juga sudah mempersiapkan ribuan liter air bersih lainnya untuk berbagai wilayah terdampak kekeringan.

"Respon kami masih terus berlanjut, pada hari ini kami mendistribusikan dua truk tangki air bersih di Desa Kalikayen, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang," katanya.

Selain itu, tim MRI-ACT Jateng pada hari yang sama juga menyalurkan air bersih sebanyak empat tangki truk untuk dua desa terdampak kekeringan yang berada di Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

"Tim MRI-ACT Kota Tegal juga sudah mempersiapkan bantuan serupa. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat semua, semoga kontribusi kita dapat dirasakan manfaatnya bagi warga terdampak kekeringan," tambahnya.



 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar