Mukomuko salurkan mesin perontok padi kepada petani

id Mukomuko,mesin perontok padi

Sebagian mesin perontok padi untuk kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.(Foto Istimewa)

Mukomuko (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menyalurkan sebanyak tujuh unit mesin perontok padi atau "power thresher" kepada kelompok tani guna meningkatkan produksi gabah di daerah ini.

“Pembagian perdana mesin perontok padi tersebut dilaksanakan saat kegiatan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI di daerah ini, kemudian pembagiannya dilanjutkan pada hari berikutnya,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.



Ia mengatakan, sebanyak tujuh Kelompok Tani di Kabupaten Mukomuko ini pada tahun ini mendapatkan bantuan sebanyak tujuh unit mesin perontok padi  dari pemerintah provinsi setempat.



Dia mengatakan tujuh kelompok tani yang mendapatkan bantuan mesin perontok padi tersebut, yakni sebanyak tiga kelompok tani di antaranya dari Kecamatan Malin Deman dan empat kelompok tani di Kecamatan Selagan Raya.



Sebanyak tujuh kelompok tani di dua kecamatan yang mendapatkan bantuan mesin perontok padi dari pemerintah provinsi ini memiliki lahan persawahan dalam kawasan irigasi teknis di daerah ini.



Selain itu, menurut dia, sebanyak tujuh kelompok tani ini setiap musim tanam padi termasuk aktif dalam melakukan aktivitas penanaman tanaman padi di lahan persawahannya.



Selanjutnya, ia mengatakan, pihaknya akan rutin meminta laporan pertanggungjawaban penggunaan sebanyak tujuh unit mesin perontok padi dari tujuh kelompok tani di daerah ini.



“Kita ingin melihat seperti apa bentuk kegiatan yang dilakukan petani dalam menggunakan mesin perontok padi ini, kegiatan ini berupa laporan yang disampaikan oleh kelompok tani dan berapa jam kelompok tani ini menggunakan mesin perontok padi ini untuk kepentingannya setiap harinya,” ujarnya.


Ia menyatakan, pihaknya  akan menarik mesin perontok padi yang disalahgunakan oleh kelompok tani atau mesin tersebut dimodifikasi untuk peruntukan lainnya.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar