Bupati Gowa rutin sidak penggunaan tumbler oleh pegawai

id bupati gowa,adnan purichta ichsan,sidak penggunaan tumbler,pemakaian botol plastik

Penyerahan tumbler oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta kepada jajarannya sebagai upaya kampanye anti penggunaan sampah plastik pada upacara yang digelar di Kantor Bupati Gowa, Senin (5/08/2019). ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Gowa (ANTARA) - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan rutin inspeksi mendadak untuk mengecek penggunaan tumbler yang dibagikannya kepada para pegawai dalam rangka pengurangan pemakaian botol plastik sekali pakai untuk air minum.

"Kita ingin ini menjadi perhatian dan menjadi budaya agar kebiasaan yang selalu menggunakan kemasan plastik sekali pakai itu bisa terkikis dengan kesadaran," ujar Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Gowa, Kamis.

Dirinya telah membagikan tumbler kepada seluruh pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan pegawai agar program yang telah dijalankannya itu efektif untuk jangka panjang.

Pada  beberapa kesempatan, Bupati Adnan terlihat mengecek langsung seluruh pejabat mulai dari staf ahli, para asisten, termasuk pimpinan SKPD terkait dengan penggunaan tumbler.

Ia menegaskan bahwa mulai saat ini pihaknya akan membuat aturan khusus penggunaan tumbler yang telah dibagikannya itu.

"Saya sudah menyampaikan sebelumnya agar setiap ada kegiatan maka para pimpinan harus membawa tumbler yang dibagikan agar tidak lagi banyak digunakan minuman kemasan plastik. Baik itu saat saya menghadiri maupun tidak menghadiri," katanya.

Ia bahkan memberikan sanksi tegas jika ada pimpinan SKPD yang dengan sengaja tidak membawa tumbler pada sejumlah kegiatan yang dihadiri.

"Bagi pimpinan SKPD yang lupa membawa akan didenda dengan membeli dua tumbler baru yang sama, dan bagi staf yang lupa membawa tumbler akan didenda membeli satu tumbler yang sama. Aturan ini berlaku mulai hari ini untuk dilaksanakan dalam tempo sesingkat-singkatnya," katanya.

Pada kesempatan sebelumnya, Bupati Adnan membagikan ribuan tumbler kepada seluruh pimpinan SKPD maupun ASN yang mengikuti upacara. Gerakan yang dilakukan itu merupakan komitmen Bupati Adnan dalam mengajak seluruh ASN dan pejabat lingkup Pemkab Gowa untuk meminimalisasi sampah plastik.

"Saya berharap mulai hari ini lingkungan kantor khususnya kantor bupati sudah bersih dari sampah plastik. Olehnya saya meminta agar seluruh ASN tidak lagi membeli minuman kemasan plastik baik yang berbentuk gelas maupun botol," katanya.
 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar