Antisipasi inflasi Sekda Kota Makassar gelar pertemuan

id pemkot makassar, antisipasi inflasi,inflasi,kota makassar,sekda kota makassar

Antisipasi inflasi Sekda Kota Makassar gelar pertemuan

Sekertaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Makassar M Ansar (tengah) memimpin rapat pengendalian inflasi bersama dinas terkait di Balai Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (16/10/2019). FOT/Humas Pemkot Makassar.

Makassar (ANTARA) - Sekertaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Makassar, M Ansar menggelar pertemuan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Dinas Perdagangan serta pihak kepolisian guna membahas antisipasi terjadinya inflasi menjelang hari besar keagamaan.

"Mohon pak Kadis perdagangan melakukan koordinasi setiap saat utamanya menjelang hari besar, seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan hari besar lainnya, mengingat permintaan sangat tinggi, utamanya hari-hari tersebut. Siapa tahu ada yang coba mau main-main," tegas Ansar saat rapat di Balai Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Ia melihat perlunya ada upaya serius pemerintah terintegrasi dalam menangani persoalan inflasi. Utamanya mengantisipasi permainan tengkulak menjelang hari-hari besar tersebut.

Pemkot Makassar sendiri telah melakukan berbagai upaya, termasuk dengan menyiapkan mobil pengendali inflasi. Mobil tersebut akan terus bergerak menstabilkan harga pasar.

Dan bilamana terjadi lonjakan harga komoditi, maka pemerintah langsung mengerahkan beberapa truk pengendali inflansi ini yang akan langsung menyasar pasar membawa barang-barang yang mengalami lonjakan harga.

Mantan Kepala Dinas Prasarana Umum (PU) Kota Makassar ini juga menekankan pentingnya kerja sama antarpemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

"Nanti diteliti komoditi mana yang mempengaruhi kota Makassar, bisa bekerjasama dengan pemerintah kabupaten kota lainnya di Sulsel, untuk memastikan ketersediaannya. Begitu pun sebaliknya," ujar Ansar.

Untuk itu, tambah dia peran pemerintah harus senantiasa hadir untuk memastikan nilai inflasi maupun deflasi yang ideal, agar tidak terpaut harga terlalu rendah maupun melambung tinggi.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar