Suryo Utomo dilantik sebagai Dirjen Pajak

id Dirjen Pajak,menkeu

Suryo Utomo dilantik sebagai Dirjen Pajak

Dokumentasi foto- Menjelang Berakhirnya Tax Amnesty Staf Ahli Bidang Kepatuhan Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo menyampaikan keterangan dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (29/3/2017). Berdasarkan data pertanggal 29 Maret 2017 pukul 07.30 WIB, hasil sementara jumlah penerimaan tax amnesty berdasarkan Surat Setoran Pajak (SSP) sebesar Rp123,64 triliun dan jumlah harta deklarasi berdasarkan Surat Pernyataan Harta (SPH) sebesar Rp4.669 triliun. (ANTARA /Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik Suryo Utomo sebagai Direktur Jenderal Pajak menggantikan Robert Pakpahan yang telah memasuki masa pensiun.

Pelantikan Suryo yang berlangsung di Jakarta, Jumat, ini dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan 16 pimpinan tinggi dan direksi di lingkungan Kementerian Keuangan.

Suryo Utomo yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Kepatuhan Pajak merupakan figur yang mempunyai segudang pengalaman untuk memimpin institusi pajak.

Pria kelahiran Semarang, 26 Maret 1969 ini meraih gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Diponegoro pada 1992 dan Master of Business Taxation di University of Southern California, Amerika Serikat, pada 1998.



Suryo mengawali karir Pegawai Negeri Sipil sebagai pelaksana di Kementerian Keuangan di Sekretariat Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Pajak pada 1993.

Pria berkacamata ini kemudian menjabat sebagai Kepala Seksi PPN Industri pada 1998 dan Kepala Seksi Pajak Penghasilan Badan pada 2002.

Suryo mendapat promosi sebagai Kepala Subdirektorat Pertambahan Nilai Industri pada 2002, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Tiga pada 2006, dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu pada 2008.

Karir Suryo makin meningkat ketika menjabat Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I pada 2009, Direktur Peraturan Perpajakan I pada 2010, Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian pada 2015, dan Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Kepatuhan Pajak pada 2015.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar