Pemkab Gowa Akan Gelar Takbir Keliling

id gowa, takbir keliling, idul adha

Sungguminasa (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Gowa akan menggelar pawai takbir keliling menyambut hari besar keagamaan Islam, yakni Idul Adha 1438 Hijriah serta menjaga tradisi di kalangan warga.

"Seiring dengan semakin majunya perkembangan zaman, ada beberapa kebiasaan warga yang sudah mulai hilang seperti takbir keliling. Di Gowa pun seperti itu dan kita akan tetap menjaga tradisi itu," ujar Kabag Humas Gowa Abdullah Sirajuddin di Gowa, Sabtu.

Ia mengatakan, pawai takbir keliling yang sudah dilakukan sejak lama dan menjadi tradisi warga itu punya banyak makna salah satunya dengan menghadirkan keceriaan.

"Kita juga akan mengadakan malam takbiran untuk menyemarakkan Idul Adha, pelaksanaanya seperti biasa ba`da Isya yah sekitar pukul 20.00 Wita. Takbiran akan diikuti dengan pawai kendaraan hias, peserta akan start di Lapangan Syekh Yusuf Discovery untuk selanjutnya keliling kota Sungguminasa," katanya.

Selain pawai takbir, juga akan dilakukan salat ied di Lapangan Syekh Yusuf Gowa Discovery di mana setelahnya itu dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Gowa akan melaksanakan shalat ied di lapangan Syekh Yusuf," jelasnya.

Bertindak sebagai imam shalat Idul Adha, adalah salah satu qari terbaik Sulsel Mursyidin Hamid. Sedangkan yang bertindak sebagai khatib yakni Direktur Lembaga Kajian dan Studi Ilmu Peradaban Islam Cahaya Siroh dan Pembina Parenting Nabawiyah, Ustadz Budi Ashari, Lc.

Kabag Humas juga mengatakan jika pihaknya telah bersurat secara resmi kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) agar bisa hadir bersama-sama masyarakat Gowa menunaikan sholat Idul Adha 1438 Hijriah ini.

"Pemkab Gowa juga bersurat ke Bapak Gubernur Sulsel perihal permintaan kiranya Bapak Gubernur berkenan untuk Shalat Idul Adha bersama masyarakat Kabupaten Gowa di Lapangan Syekh Yusuf Discovery," urainya.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar