Puluhan mobil hias meriahkan pawai malam takbiran di Aceh

id Pemerintah Aceh ,Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah ,pawai takbir,masjid taya baiturrahman,banda aceh

Puluhan mobil hias meriahkan pawai malam takbiran di Aceh

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyaksikan peserta pawai takbir mobil hias dan pejalan kaki dalam rangka memeriahkan lebaran Idul Adha 1440 Hijriah di Banda Aceh, Sabtu (M ifdhal)

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 60 unit mobil hias berbagai ornamen dan peserta jalan kaki meriahkan pawai takbir Idul Adha 1440 Hijriah yang berlangsung di halaman depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Sabtu (10/8) malam.



Pawai takbir dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha tersebut dilepas langsung Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang ditandai dengan pemukulan beduk dan diikuti oleh unsur Forkopimda.



“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Pawai Takbir Idul Adha 1440 Hijriah, dengan resmi saya lepas," kata Nova Iriansyah.



Dalam kegiatan tersebut turut hadir diantaranya Ketua DPRA Sulaiman, Sekda Aceh Taqwallah dan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.



Plh Kepala Biro Keistimewaan dan kesejahteraan Setda Aceh, Sulaiman mengatakan peserta pawai takbir terbagi dalam dua kategori yaitu pejalan kaki dan kendaraan hias.



Rute pawai takbir jalan kaki dimulai dan finis di gerbang depan Masjid Raya Baiturrahman dengan menempuh rute Masjid Raya Baiturrahman-Jalan Diponegoro-Jembatan Pante Pirak-Bundaran Simpang Lima-Simpang Jamboe Tape.



Selanjutnya, Jalan Syiah kuala-Jalan Pocut Baren-Jalan Panglima Polem-Tugu Simpang Lima-Jalan ST Muhammad Daudsyah-Simpang Kodim dan finis di Masjid Raya Baiturrahman.



Sementara itu, pawai mobil hias menempuh rute, Masjid Raya Baiturrahman-Jalan Dipenogoro-Simpang Kodim 0101/BS-Meuligoe Gubernu Aceh-Simpang Jam-Jalan Teuku Umar-Simpang Tiga Lamteumen-Jal Cut Nyak Dhien-Simpang Dodik.



Selanjutnya ke Jalan Soekarno-Hatta-Jalan Soedirman-Simpang Tiga-Jalan Teuku Umar-Simpang Jam-Meuligoe Gubernur-Simpang Kodim 0101/BS-finis di Masjid Raya Baiturrahman.



Ia mengatakan peserta pawai takbir jalan kaki merupakan perwakilan Remaja Masjid dan Remaja Mushalla se-Kota Banda Aceh. Sedangkan pawai mobil hias adalah perwakilan instansi dan perwakilan kecamatan se-Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.



Pawai mobil hias dengan menampilkan berbagai ornamen baik masjid dan juga rumah adat Aceh menyedot perhatian masyarakat yang memadati rute pawai tersebut.



Pawai takbir tersebut disaksikan ribuan masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.



Sulaiman menambahkan untuk pelaksanaan Shalat Ied (Minggu, 11/8) akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman.



Ada pun untuk khatib akan disampaikan Ustad Masrul Aidi dan imam Tgk Jamhuri Ramli.

Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar