empat paslon pilkada sulsel cabut nomor urut

id Sulsel, KPU Sulsel, nomor urut

Personel Brimob Polda Sulsel melakukan penjagaan saat pengundian nomor urut calon gubernur-wagub Sulsel di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (13/2). KPU Sulsel menetapkan nomor urut empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel sebagai pes

Makassar (Antaranews Sulsel) - Empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan setelah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum juga sudah meraih nomor pasangannya masing-masing. 

"Setelah pengundian nomor urut dan semua pasangan telah meraih nomor urutnya masing-masing, maka mereka sudah resmi menggunakan nomor urutnya itu," ujar Ketua KPU Sulsel Muh Iqbal Latief di Makassar, Selasa.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan di hotel Four Point by Sheraton, keempat pasangan calon datang bersama dengan massanya masing-masing dan bahkan beberapa diantaranya diantar dengan menggunakan pakaian adat.

Bukan cuma itu, massa dari keempat pasangan ini juga membawa sejumlah alat peraga dan pengeras suara untuk memberikan semangat serta meneriakkan bentuk-bentuk dukungan.

Di hotel, ratusan polisi dari berbagai fungsi hadir untuk melakukan pengamanan dengan disertai beberapa kendaraan taktisnya seperti mobil pengurai massa (raisa) serta senjata water cannon milik anggota Sabhara.

Pengundian nomor urut dilakukan secara bersamaan. Empat paslon mengambil lembaran yang di dalamnya bertuliskan nomor. Secara bersamaan pula, paslon membuka lembaran kertas tersebut.

Hasilnya, pasangan calon Nurdin Halid-Azis Qahhar Mudzakkar (NH-Azis) mendapat nomor urut 1, paslon Agus Arifin Nu`mang (petahana Wakil Gubernur Sulsel)-Tanri Balilamo nomor 2.

Kemudian paslon Nurdin Abdullah (bupati Bantaeng)-Andi Sudirman Sulaiman nomor 3, dan paslon Ichsan Yasin Limpo (adik Gubernur Sulsel)-Andi Musakkar nomor 4.

Setelah mendapatkan nomor urut, empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel akan melalui tahapan selanjutnya dalam Pilkada Sulsel 2018.

Paslon Nurdin Halid dan Aziz Qahhar Mudzakkar diusung oleh Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PKB, PKPI dengan jumlah kursi 35.

Selanjutnya, paslon Agus Arifin Nu`mang dan Tanri Balilamo diusung oleh Partai Gerindra, PPP, PBB dengan jumlah kursi 19.

Paslon Nurdin Abdullah dan Sudirman Sulaiman kemudian diusung oleh PAN, PDI-P dan PKS dengan jumlah kursi 20, sedangkan paslon Ichsan Yasin Limpo dan Andi Mudzakkar maju melalui jalur perseorangan dengan total 501.046 dukungan. 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar