Telkomsel akan digitalisasi destinasi wisata Indonesia

id telkomsel,ronny arnaz,executive vice president area pamasuka,digitalisasi destinasi wisata

Sejumlah jurnalis berfoto di puncak Piaynemo Island, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (14/20). (ANTARA FOTO/Darwi Fatir)

Secara nasional, Telkomsel telah membangun 639 BTS 4G LTE di 12 destinasi wisata prioritas di Indonesia

Raja Ampat, Papua Barat (Antaranews Sulsel) - Telkomsel sebagai penyedia jasa telekomunikasi berkomitmen untuk digitalisasi berbagai destinasi wisata berkelas dunia di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah timur Indonesia.

"Kami telah membangun sejumlah BTS 4G LTE baru untuk mempermudah wisatawan yang ingin berbagi dan menyebarkan eksotisme Indonesia ke seluruh dunia," sebut Executive Vice President Area Pamasuka Telkomsel Ronny Arnaz, Rabu.

Menurutnya, komitmen ini merupakan wujud dukungan Telkomsel dalam memajukan pariwisata nasional melalui penggelaran jaringan 4G LTE yang andal di empat destinasi wisata prioritas di Indonesia Timur, seperti Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Morotai di Maluku Utara, Bunaken di Sulawesi Utara, dan Raja Ampat di Papua Barat.

"Kehadiran infrastruktur telekomunikasi sangat penting dalam menunjang potensi wisata suatu daerah," paparnya.

Pihaknya berharap, upaya tersebut mampu menarik semakin banyak wisatawan untuk berkunjung langsung menikmati Wonderful Indonesia sehingga turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah itu.

Upaya yang dilakukan Telkomsel untuk memperkuat destinasi wisata di Indonesia Timur, kata dia, diantaranya optimalisasi jaringan melalui perluasan jangkauan, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas jaringan untuk kenyamanan layanan telekomunikasi.

Baca juga : Perluasan jaringan Telkomsel daerah wisata


Selain itu, penambahan sistem transmisi dan implementasi layanan 4G LTE untuk memberikan pengalaman pita lebar (broadband) berkualitas. Telkomsel juga mengerahkan BTS bergerak dan menambah kapasitas jaringan untuk mendukung agenda berskala nasional maupun internasional di lokasi wisata prioritas.

Untuk wilayah Wakatobi, Telkomsel telah menyiapkan 15 Base Transceiver Station (BTS) 4G LTE. Sementara itu, di Morotai, Bunaken, dan Raja Ampat, Telkomsel telah membangun masing-masing lima, enam, dan tujuh BTS 4G LTE.

"Secara nasional, Telkomsel telah membangun 639 BTS 4G LTE di 12 destinasi wisata prioritas di Indonesia," ucap Ronny.

Untuk menunjang ekosistem pita lebar yang dapat dimanfaatkan oleh industri pariwisata, Telkomsel telah membangun 152.000 BTS di seluruh Indonesia, termasuk 103.000 BTS 3G dan 4G untuk menghadirkan kenyamanan dalam menggunakan layanan data yang lebih berkualitas.

Saat ini era digital telah mengubah cara wisatawan yang akan melakukan perjalanan, mulai dari mencari dan melihat informasi (look), memesan paket wisata yang diminati (book), hingga membayar secara online (pay).

Bahkan kini wisatawan juga semakin aktif dalam menggunggah foto dan video aktivitas maupun panorama di lokasi wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.

"Semakin meningkatnya tingkat adopsi pelanggan dalam memanfaatkan layanan digital didukung infrastruktur jaringan broadband yang berkualitas menjadi modal berharga bagi Indonesia untuk bersaing secara lebih kompetitif dengan negara tetangga, seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura," jelasnya. 

Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar