APPSI: perdagangan antar daerah kurangi ketergantungan impor

id Jabar, Ketua APPSI, Syahrul Yasin Limpo, ketergantungan impor

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Syahrul Yasin Limpo mengatakan perdagangan antar daerah dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor.

"Kita harus mengoptimalkan perdagangan antar daerah, agar bisa mengurangi ketergantungan pada impor," kata Gubernur Sulsel ini pada pembukaan Rakernas APPSI 2018, yang digelar di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Untuk itu, kata dia, APPSI juga akan memetakan kembali potensi setiap provinsi di Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan komoditas yang selama ini, di sebagian daerah mengandalkan produk impor.

Pada Rakernas APPSI 2018, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hadir memberikan arahan kepada para peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APPSI 2018 di Trans Luxury Hotel, Bandung Jawa Barat, Kamis.

Presiden datang untuk berdiskusi dan mendengar berbagai tantangan dan potensi di daerah dalam pertemuan rutin gubernur se-Indonesia ini. Jokowi hadir dengan mengenakan batik warna coklat dan emas.

Syahrul juga memandu diskusi bersama Jokowi dengan para gubernur yang berlangsung kurang lebih satu jam. Dari diskusi ini kemudian mengerucut pada rencana, akan dibentuk bagian (desk) untuk memperkuat perdagangan antar daerah.

Desk ini terdiri dari kementrian terkait, seperti perdagangan, perindustrian dan lainnya. Adapun tema Rakernas tahun ini, "Kerjasama Perdagangan Antar Daerah untuk Penguatan Ekonomi", diikuti sebanyak 24 gubernur dan enam wakil gubernur.

Pada Rakernas ini juga dilaksanakan MoU kerjasama oleh gubernur se-Indonesia tentang perdagangan komoditas dan produk unggulan daerah.


Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar