Diskop-UMKM siapkan wirausahawan muda melalui program YESS

id malik faisal,kepala diskop umkm sulsel,siapakn wirausahawan muda, program yess

Dinas Koperasi dan UKM Sulsel (sulselprov.go.id)

Dalam program ini, kami melakukan pelatihan bagi remaja di bawah 17 tahun dan telah dilakukan selama dua bulan
Makassar (Antaranews Sulsel) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop-UMKM) Sulawesi Selatan menyiapkan wirausahawan muda melalui Program Young Entrepreneur School Sulsel (YESS).

"Dalam program ini, kami melakukan pelatihan bagi remaja di bawah 17 tahun dan telah dilakukan selama dua bulan," kata Kepala Diskop-UMKM Sulsel Malik Faisal saat menerima kunjungan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Selasa.

Ia melaporkan kepada gubernur, bahwa program ini diharapkan mampu membuka cara pikir para generasi milenial atau generasi muda untuk menjadi entrepreneur atau wirausahawan.

"Bagaimana agar saat selepas SMA sudah memiliki `mind set` pengusaha, yang tadinya mau menjadi pegawai, birokrat, PNS, Insya Allah setelah SMA mau menjadi entrepreneur," ujarnya.

Hadirnya wirausahawan, kata dia, penting, sebagai salah faktor pendorong sebuah negara maju. Amerika misalnya, menurut dia, memiliki 12 persen pengusaha, Singapura 8 persen, sedangkan Indonesia hanya 0,18 persen.

"Di Sulsel kita sudah berada di enam persen, dan hampir satu persen diantaranya, sudah masuk kelas dunia karena sudah melakukan kegiatan ekspor dan impor," jelasnya.

Sementara Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dalam kesempatan tersebut memotivasi para pegawai Diskop-UMKM Sulsel.

Gubernur menyampaikan pesan agar seorang aparatur sipil negara atau abdi negara selalu mensyukuri fungsi dan jabatan, juga memotivasi untuk selalu melakukan yang terbaik.

"Kerjakan apa yang belum dikerjakan orang, dan lakukan lebih baik dari orang lain lakukan. Tiada hari tanpa perubahan, tiada hari tanpa penyempurnaan, besok harus terjadi penyempurnaan yang lebih sempurna," pesan Syahrul.

Sebulan menjelang akhir masa jabatannya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo memang gencar dalam bersilaturahim ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemprov Sulsel, selain bersilaturahim, juga memberikan arahan dan motivasi.
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar