Kamis, 21 September 2017

Karate - Lima Atlet Sulsel Perkuat Indonesia di Filipina

id karateka sulsel, kejuaraan karate seakf, manila filipina, forki sulsel
Karate - Lima Atlet Sulsel Perkuat Indonesia di Filipina
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Joko Sulistyo)
Makassar (Antara News) - Lima atlet terbaik asal Sulawesi Selatan memperkuat Timnas Indonesia pada Kejuaraan Karate Asia Tenggara (SEAKF) di Manila, Filipina, 14-18 April 2013.

Sekretaris Umum Forki Sulsel Musakkir, di Makassar, Sabtu, mengatakan telah menerima surat dari Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB Forki) terkait masuknya nama Faisal Zainuddin, Azwar dan Fidelis Lolobua (Kata beregu putra), Hendro Salim (Kumite -84kg), serta Wiwik Pratiwi yang berlaga di kelas +68kg.

"Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami atas terpilihnya atlet mereka tampil di kejuaraan dunia di Manila. Kami juga berharap seluruh karateka yang dipercaya tampil bisa membuktikan diri dengan mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia," jelasnya.

Terkait pemanggilan atlet Sulsel, kata dia, sekaligus menjaga tradisi Sulsel sebagai penyumbang atlet bagi Indonesia. Pemanggilan tersebut juga diharapkan memberikan pengaruh positif khususnya para karateka junior untuk lebih fokus dalam meningkatkan kemampuan.

Soal peluang dikejuaraan ASEAN itu, Forki Sulsel mengaku cukup optimistis. Alasannya karena kualitas trio kata putra Sulsel tersebut dinilai masih merupakan salah satu pasangan terbaik di Asia.

"Begitupun dengan kualitas Hendro dan Wiwik yang semakin menunjukkan peningkatan selama berada di pelatnas. Kita juga meminta seluruh atlet tetap fokus dan memanfaatkan waktu tersisa mengingat kualitas atlet ASEAN juga sudah mulai berimbang," katanya.

Demisioner Sekretaris Umum KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, menjelaskan kelima atlet Sulsel itu telah banyak memberikan prestasi bagi Indonesia dan Sulsel. Prestasi itupun yang membuat cabang karate menjadi salah satu cabang olahraga andalan Sulsel diberbagai kejuaraan.

Untuk atlet lain yang belum mendapat kesempatan, pihaknya meminta tidak menjadi alasan hingga menurunkan semangat atlet dalam berlatih. Apalagi, menurut Sekum IPSI Sulsel itu, karena tidak ada jaminan bahwa para atlet senior yang ada bisa tetap memperkuat Indonesia dan Sulsel pada sejumlah ajang yang akan datang.

"Pada pemanggilan pelatnas lalu memang cukup banyak atlet kita yang dipanggil. Artinya secara potensi cukup baik meski belum seluruhnya bisa tampil di kejuaraan dunia," ujarnya.

Ketua Umum PB Forki Hendardji Soepandji mengaku sengaja mengirimkan para karateka pelatnas untuk tampil diberbagai kejuaraan dunia dengan tujuan mematangkan kemampuan sebelum berlaga di SEA Games Myanmar 2013.

Selain tampil di SEAKF Filipina, karateka pelatnas juga dipersiapkan turun di Kejuaraan Karate Asia (AKF) di Dubai, Uni Emirat Arab, even karate Premier League di Istanbul, Turki, serta kejuaraan di Jepang, Korea Selatan, dan Jerman.

Editor : Agus Setiawan


Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Baca Juga