Praktik pemasangan kawat gigi illegal segera ditertibkan

id kawt gigi,Praktik pemasangan kawat gigi illegal,Penjabat Kadis Kesehatan Sulawesi Selatan,r Bachtiar Baso, malparaktik

Penjabat Kadis Kesehatan Sulawesi Selatan Dr Bachtiar Baso (FOTO/Suriani Mappong)

"Hal ini menyikapi maraknya praktik pemasangan kawat gigi di mal-mal atau di tempat lainnya dengan iming-iming untuk mempercantik, tapi sebenarnya justru akan merusak gusi...
Makassar (Antaranews Sulsel) - Praktik pemasangan kawat gigi dan gigi palsu ilegal segera ditertibkan untuk menghindari adanya korban malparaktik.

"Hal ini menyikapi maraknya praktik pemasangan kawat gigi di mal-mal atau di tempat lainnya dengan iming-iming untuk mempercantik, tapi sebenarnya justru akan merusak gusi jika dilakukan oleh orang yang tidak profesional," kata Penjabat Kadis Kesehatan Sulawesi Selatan Dr Bachtiar Baso di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, belakangan ini trend remaja putri menggunakan kawat gigi karena fashion, tanpa konsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu. Apalagi ada iming-iming harganya lebih murah, sehingga banyak yang tertarik.

Mencermati kondisi tersebut, lanjut dia, maka penting melindungi masyarakat agar tidak menjadi korban `fashion` mempercantik gigi.

Selain praktik pemasangan kawat gigi yang ilegal akan ditertibkan, juga pemasangan gigi palsu yang biasanya dilakukan orang amatir.

"Karena itu, kami terus menyosialisasikan agar untuk urusan gigi, serahkan ke ahlinya. Jangan mengejar harga murah, nanti kalau ada terjadi masalah, maka biayanya lebih mahal lagi," katanya.

Dengan demikian, dia mengimbau agar masyarakat khususnya para remaja putri tidak mudah terpengaruh dengan tawaran-tawaran untuk mempercantik diri.

Sementara bagi yang terjaring melakukan praktik pemasangan kawat gigi, akan diberikan teguran atau pun sanksi sesuai dengan aturan.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar