Polres Polewali Mandar raih penghargaan ombudsman

id Polres polman,penghargaan ombusdman,polres,ombudsman perwakilan sulbar,aktif komunikasi

Arsip : Kapolres Polewali Mandar AKBP Muhammad Rifai (Foto dokumentasi Humas Polres Polewali Mandar)

Mamuju, (Antaranews Sulbar) - Polres Polewali Mandar berhasil meraih penghargaan bidang pelayanan publik dari Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sulawesi Barat.

Penghargaan itu diserahkan langsung Kepala Ombudsman Perwakilan Sulawesi Barat Lukman Umar dan diterima Kapolres Polewali Mandar Ajun Komisaris Besar Polisi Muhammad Rifai pada pemaparan kinerja Ombudsman dan penyerahan rapor uji kepatuhan tahun 2018 di ruang rapat Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Selasa.

"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat atas dukungannya kepada kerja kami dan juga kepada seluruh staf Polres sehingga kami bisa mendapatkan penghargaan ini," kata Muhammad Rifai.

Salah satu terobosan yang dilakukan Polres Polewali Mandar sehingga diganjar penghargaan itu adalah "Quick Respon" atau respon cepat terhadap setiap permasalahan atau keluhan masyarakat yang disampaikan ke kepolisian setempat.

`Kami selalu mengedepankan respon cepat dalam setiap permasalahan yang ada dan apabila kami tidak sanggup dikarenakan keterbatasan kami di jajaran Polres Polewali Mandar, maka kami sampaikan ke masyarakat secara terbuka. Ini juga untuk membangun komunikasi aktif antara masyarakat dan kami yang memberi pelayanan," terang Muhammad Rifai.

Polres Polewali Mandar lanjut Kapolres, juga tengah menjadwalkan membangun komunikasi intens terhadap tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat guna meningkatkan kamtibmas di daerah itu.

"Kami sudah jadwalkan secara rutin akan berkomunikasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk membangun keamanan dan ketertiban masyarakat. Saat ini juga Polres Polewali Mandar tengah dipersiapkan untuk menerima penghargaan dari Kemenpan RB di Jakarta terkait zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)," papar Muhammad Rifai.

Sementara itu, Kepala Ombudsman Perwakilan Sulbar Lukman Umar mengungkapkan, Polres Polewali Mandar beberapa tahun terakhir sudah mendapat rapor hijau dari Ombudsman terkait pelayanan publik.

Ia menyatakan, penghargaan kali ini diberikan kepada Kapolres karena dinilai aktif membangun komunikasi dengan Ombudsman Perwakilan Sulawesi Barat

"Kapolres Polewali Mandar ini yang paling aktif membangun komunikasi dengan kami. Ketika ada suatu masalah, beliau menyampaikan kepada kami. Responnya cepat, disitu nilai plusnya dan juga berbagai inovasi yang dilakukan sehingga kami dari Ombudsman Perwakilan Sulbar memberi penghargaan," jelas Lukman Umar.
Pewarta :
Editor: M Darwin Fatir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar