Pemkab Sigi sambut positif kehadiran ANTARA Digital Media

id ANTARA Digital Media,Pemkab Sigi,Kominfo Sigi,Layanan informasi digital

Pemkab Sigi sambut positif kehadiran ANTARA Digital Media

Tim ANTARA Digital Media foto bersama dengan Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta dana Kepala Dinas Kominfo Sigi, Dr H Anas Yalitoba foto, di Kantor Bupati Sigi, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Saya mengucapkan selamat datang kepada kawan-kawan mitra kerja kami, dari ANTARA, yang beberapa saat kemarin memberikan bantuan kepada Pemkab Sigi terkait pelayanan informasi publik berbasis digital
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyambut baik/positif kehadiran sistem layanan informasi publik berbasis digital yang dikelola ANTARA Digital Media, di daerah tersebut, Rabu (16/10).

"Saya mengucapkan selamat datang kepada kawan-kawan mitra kerja kami, dari ANTARA, yang beberapa saat kemarin memberikan bantuan kepada Pemkab Sigi terkait pelayanan informasi publik berbasis digital," ucap Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, di Dolo, Kabupaten Sigi, Rabu.

Kehadiran sistem layanan informasi publik berbasis digital di Kabupaten Sigi, merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama melibatkan dua pihak yaitu Pemkab Sigi dan ANTARA Digital Media, di Wisma ANTARA beberapa waktu lalu.

Kehadiran ANTARA Digital Media, di Sigi, ditandai dengan pemasangan perdana sistem layanan informasi publik berbasis digital untuk dalam ruangan (indoor media), yang dipasang di Kantor Bupati Sigi.

Untuk Kabupaten Sigi, ANTARA Digital Media memasang sistem layanan informasi publik dalam ruangan di tiga titik meliputi Kantor Bupati Sigi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Torabelo dan Dinas Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DP2TSP).

Tiga sistem yang terpasang di tiga badan publik tersebut, akan berada di bawah kendali Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sigi, yang dikepalai oleh Dr H Anas Yalitoba. Karena itu, ANTARA Digital Media, juga meng-instal sistem layanan informasi publik berbasis digital tersebut, di Dinas Kominfo Sigi.

"Sistem ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten Sigi. Terkait dengan informasi pembangunan Kabupaten Sigi, mulai dari desa-desa yang terdekat dengan pusat pemerintahan, maupun desa-desa yang jauh dari itu, di Sigi. Yang selama ini ketika kami mendorong pembangunan sebelum maupun pascabencana yang secara umum belum diketahui oleh masyarakat, apalagi di Pemerintah Pusat maupun di daerah lain. Nah, dengan sistem layanan informasi digital, ini sangat membantu," kata Mohammad Irwan Lapatta.

Bupati menyebut bahwa sistem informasi digital yang dimiliki ANTARA, sangat membantu pemerintah untuk mempromosikan potensi daerah, seperti sektor pariwisata sebagai urat nadi pendongkrak jasa dan ekonomi.

"Lewat sistem layanan digital ini, beberapa kawasan wisata yang kami dorong seperti Paralayang di Desa Matantimali Kecamatan Marawola Barat, air panas di Bora dan Mantikole, Danau Lindu bisa terekspos secara luas," ujarnya.

Bupati berharap dengan adanya layanan tersebut, pembangunan yang diselenggarakan dapat tersiar secara maksimal lewat sistem digital yang dimiliki ANTARA Digital Media, ke daerah-daerah lain di Indonesia, pemerintah pusat di Jakarta dan mancanegara.

Berkaitan dengan kehadiran sistem layanan informasi berbasis digital tersebut, Kepala Dinas Kominfo Sigi, Dr Anas Yalitoba mengemukakan, hadirnya layanan informasi berbasis digital memudahkan masyarakat mengakses informasi pembangunan yang diselenggarakan pemerintah.

"Hadirnya media ini menjadi wadah penyebaran informasi baik berita nasional atau lokal/daerah, dengan begitu masyarakat mengetahui apa yang dilakukan oleh pemerintah," ucap Dr Anas Yalitoba.

Ia menguraikan, sistem layanan digital ANTARA, untuk dalam ruangan atau indoor media, yang terpasang di beberapa badan layanan publik di Sigi, secara langsung menyuguhkan informasi kepada masyarakat yang mendatangi badan publik tersebut.

Sementara untuk layanan informasi digital luar ruangan atau outdoor, menurut Anas, itu jauh lebih menarik dan baik, karena masyarakat setiap saat dapat mengakses langsung informasi pembangunan yang tersiar lewat sistem tersebut.

Tim ANTARA Digital Media bersama Kominfo Sigi telah melakukan survei lokasi untuk pemasangan sistem layanan informasi publik berbasis digital meliputi Bundaran Kecamatan Sigi Biromaru di Desa Mpanau, Bundaran Kabupaten Sigi di Bora, dan beberapa lokasi di dekat eks Kantor Bupati Sigi di Bora.

Sistem layanan informasi publik berbasis digital merupakan hasil kerja sama Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (Perum LKBN) ANTARA melalui Antara Digital Media kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).



 
Tim ANTARA Digital Media foto bersama Kepala Dinas Kominfo Sigi, Dr H Anas Yalitoba menemui dan berbincang-bincang dengan Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta sebelum melakukan pemasangan perdana sistem layanan informasi publik berbasis digital dalam ruangan (indoor media) di Kantor Bupati Sigi, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar