Dinas Pariwisata Sulbar dorong kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata

id farid wajdi,kadis pariwisata sulbar,kesejahteraan masyarakat

Dinas Pariwisata Sulbar dorong kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata Sulbar Farid Wajdi. ANTARA/Amirullah

Mamuju (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat optimistis sektor pariwisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Kami akan berupaya agar sektor pariwisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sulbar," kata Kepala Dinas Pariwisata Sulbar Farid Wajdi, dihubungi di Mamuju, Rabu.

Salah satu upaya yang akan dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Sulbar lanjut Farid Wajdi, yakni dengan menggali potensi yang dimiliki Pulau Karampuang, baik dari segi kekayaan sumber daya alam maupun karajinan khas masyarakat.

Ia menilai, kepariwisataan dianggap berhasil jika ada peningkatan kunjungan wisatawan.

"Kuncinya itu kunjungan. Walaupuan banyak kamar hotel dan banyak restoran kalau tidak ada kunjungan, tentu para pelaku usaha akan rugi karena sektor pariwisata tidak bisa berefek," terangnya.

"Jadi, kami akan berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan yang dengan sendirinya efek dari kunjungan itu akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat utamanya pelaku usaha di sektor pariwisata. Kalau ini semakin lancar maka perekonomian itu semakin meningkat dan kesejahteraan masyarakat bisa kita dapat dari sektor pariwisata," jelas Farid Wajdi.

Menurutnya, kunjungan bisa meningkat kalau pada tempat wisata itu ada sesuatu yang bisa dilihat dan bisa dilakukan di tempat itu, ada atraksi serta ada yang bisa dijual atau dibeli tempat itu.

Ia mencontohkan, Pulau Karampuang sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang berada di Kabupaten Mamuju memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menarik wisatawan berkunjung ke daerah itu.

"Nah di Pulau Karampuang itu memenuhi syarat itu, ada sesuatu ang bisa dilhat, bisa dilakukan serta disana ada atraksi. Nah yang masih kurang itu adalah sesuatu ang bisa dibeli. Apa yang bisa dibeli di sana yaitu souvenir khas Karampuang. Itulah yang akan akan kami kembangkan," terang Farid Wajdi.

Dinas Pwriwisata Provinsi Sulbar kata Farid Wajdi, juga akan menjadikan Pulau Karampuang sebagai salah satu ikon wisata di daerah itu.

"Kami akan membranding bahwa tidaklah lengkap datang ke Mamuju jika belum berkunjung ke Pulau Karampuang. Jadi, anda belum sah datang ke ibukota Provinsi Sulbar ini kalau tidak jalan-jalan ke Pulau Karampuang," tutur Farid Wajdi.
 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar