65 atlet Sulbar akan berlaga pada tiga even nasional

id muhammad idris,sekprov sulbar,ikuti tiga even nasional

65 atlet Sulbar akan berlaga pada tiga even nasional

Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat Muhammad idirs pada Pelepasan kontingen yang akan mengikuti tiga even nasionaldi ruang Auditorium lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar, Rabu (6/11). (Foto Humas Provinsi Sulbar)

Mamuju (ANTARA) - Sebanyak 65 atlet Provinsi Sulawesi Barat akan berlaga di tiga even nasional, yakni Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas), Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) dan Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas Korpri) XV.

Pelepasan kontingen yang akan mengikuti tiga even nasional itu berlangsung di ruang Auditorium lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar, Rabu.

Pelepasan itu ditandai penyerahan bendera kontingen oleh Sekprov Sulbar Muhammad Idris kepada Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar Muhammad Hamzih, selaku Ketua Tim Kontingen Peparpenas, Popnas dan Pornas Korpri XV.

Ketiga even tersebut masing-masing akan dilaksanakan dalam waktu yang berbeda, yakni Peparpenas akan diselenggarakan di Jakarta pada 7-13 November 2019, kemudian Popnas diselenggarakan pada 16-25 November 2019 dan untuk Pornas Korpri XV akan dimulai pada 10-18 November 2019, di Bangka Belitung

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Muhammad Hamzih menyampaikan kontingen Sulbar yang mengikuti Peparpenas, yakni para pelajar disabilitas, dengan jumlah rombongan 16 orang, yang terdiri dari tujuh atlet dengan didampingi tujuh ofisial serta dua orang pelatih.

Untuk Popnas, lanjut Hamzih, diikuti atlet-atlet pelajar se-Sulbar yang terdiri dari 27 atlet, enam ofisial, 10 pelatih dan satu petugas medis.

"Sedangkan kontingen Pornas Korpri XV berjumlah 50 orang, terdiri dari 31 atlet yang dibagi dalam empat cabang olahraga, 15 orang pelatih dan asisten palatih, ofisial serta chif the mission," kata Hamzih.

Ia menyatakan dari tiga even yang diikuti para atlet Sulbar itu, terdapat tiga cabang olahraga yang dapat diandalkan dan diharapkan mendapat juara, yakni panahan, catur dan takraw.

"Sementara ini yang kita unggulkan tiga cabang olahraga, sedangkan yang lain kita masih berbenah," kata Hamzih.

Sementara itu, Sekprov Sulbar Muhammad Idris berpesan kepada seluruh kontingen agar senantiasa menjaga nama baik Sulbar selama mengikuti even Peparpenas, Popnas dan Pornas Korpri XV, serta dapat meraih prestasi setinggi mungkin, agar nama Sulbar harum di tingkat nasional.

"Saya harap kontingen bisa mengharumkan nama Sulbar, serta betul-betul mengangkat harkat, citra dan martabat daerah kita tercinta ini," ucap Muhamma Idris.

Untuk dapat meraih prestasi yang terbaik Sekprov mengingatkan agar kontingen dapat membangun komitmen untuk juara.

"Meraih prestasi yang terbaik tidaklah instan, meskipun sudah berjuang dan latihan yang tiada henti tanpa ada komitmen untuk juara," ujar Muhammad Idris.

Kepada pelatih, pembina dan ofisial ia meminta agar even yang diikuti kontingen Sulbar tersebut, dapat dijadikan sebagai ajang untuk melakukan studi komparatif.

Pada kesempatan itu, Sekprov menyatakan, bagi atlet yang berprestasi akan diberikan penghargaan dan akan diserahkan saat penerimaan kontingen usai mengikuti even Peparpenas, Popnas dan Pornas Korpri.

"Tidak ada harapan lain pemerintah daerah selain prestasi. Untuk itu, siapapun yang mendapatkan medali emas, Insya Allah kita akan berikan penghargaan atau hadiah khusus," tutur Muhammad Idris.

 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar