BPS : Pelayaran Sulbar alami penurunan

id bps sulbar, pelayaran

BPS : Pelayaran Sulbar alami penurunan

Ilustrasi-peresmian jalur pelayaran langsung Makassr-Hongkong di Terminal Petikemas Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (5/12. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

"Jumlah pelayaran yang melalui pelabuhan di Sulbar selama periode bulan Februari 2016 sebanyak 132 kali...
Mamuju, Sulbar (ANTARA Sulbar) - Badan Pusat Statistik menyebutkan kondisi pelayaran di wilayah Sulawesi Barat pada medio Februari 2016 mengalami penurunan dari kondisi bulan sebelumnya.

"Jumlah pelayaran yang melalui pelabuhan di Sulbar selama periode bulan Februari 2016 sebanyak 132 kali. Artinya terjadi penurunan 7,69 persen jika dibandingkan dengan keadaan bulan Januari 2016 yang mencapai 143 unit," kata Kepala BPS Sulbar Suntono, di Mamuju, Sabtu.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan kondisi bulan Februari tahun sebelumnya yang mencapai 146 unit, berarti terjadi penurunan sebesar 9,59 persen.

Data jumlah penumpang angkutan laut yang berangkat melalui Sulbar selama Februari 2016 sekitar 1.626 orang.

Bila dibandingkan kondisi pada Januari 2016 yang mencapai 1.556 orang, maka terjadi peningkatan sekitar 4,50 persen.

"Kondisi Februari tahun sebelumnya yang mencapai 1.318 orang, juga mengalami peningkatan sebesar 23,37 persen," katanya pula.

Ia mengatakan, penurunan aktivitas pelayaran ini menjadi gambaran minim orang yang memanfaatkan jasa pelayaran.

"Bisa jadi penurunan aktivitas pelayaran di Sulbar itu karena belum berfungsi beberapa pelabuhan laut di Sulbar, termasuk belum optimal pengoperasian pelabuhan di Mamuju Utara," ujarnya lagi.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar