Polres Polewali Mandar gelar Operasi Zebra Siamasei

id suhartono, kasat lantas polres polman,operasi zebra

Mamuju (Antaranews Sulsel) - Satuan Lalu Lintas Polres Polewali Mandar menggelar Operasi Zebra Siamasei 2018 yang akan dilaksanakan di sejumlah titik di daerah itu.

"Terhitung mulai 30 Oktober sampai 12 November 2018, kami melaksanakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Zebra Siamasei 2018," kata Kasat lantas Polres Polewali Mandar AKP Suhartono, Sabtu.

Pelaksanaan Operasi Zebra Siamasei 2018 ini kata dia, merupakan tugas pokok polisi lalu lintas dengan persentase penindakan pelanggaran lalu lintas, yakni tilang 80 persen kemudian edukasi keselamatan berlalu lintas secara preemtif 10 persen dan 10 persen pencegahan atau preventif.

Ia mengatakan, tujuan Operasi Zebra Siamasei 2018 ini untuk mewujudkan keselamatan berlalu lintas secara nasional dan di wilayah hukum Polres Polewali Mandar sehingga masyarakat selamat di jalan dan terhindar dari potensi bahaya kecelakaan lalu lintas.

"Sasaran penindakan tilang Operasi Zebra Siamasei Polres Polewali Mandar 2018, yaitu pelanggaran batas kecepatan berkendara, menggunakan telepon genggam saat berkendara, baik pengendara motor maupun mobil dan berkendara dalam keadaan mabuk atau di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang (narkoba).

Kemudian lanjutnya, berkendara sepeda motor tanpa menggunakan helm, baik yang mengemudi maupun yang dibonceng dan berkendara bonceng tiga atau pengendara dengan usia dibawah umur 17 tahun serta nengemudi kendaraan mobil tanpa menggunakan sabuk keselamatan (safety belt) kemudian pengemudi dengan melawan arus lalu lintas.

"Semua pelanggaran lalu lintas tersebut termasuk mengendarai kendaraan tanpa dilengkapi surat-surat baik SIM maupun STNK yang sah akan dikenakan sanksi tilang secara prosedural dengan tegas dan humanis," katanya.

Ia mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Polewali Mandar untuk tertib berlalu lintas demi keselamatan diri dan keselamatan orang lain di jalan.

"Stop pelanggaran, stop kecelakaan,  keselamatan untuk kemanusiaan," katanya.
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar