Gubernur promosikan potensi sda Sulbar di UEA

id gubernur sulbar,ali baal masdar,uea,Uni Emirat Arab ,promosi sda,ke uea,coffee moning

Gubernur promosikan potensi sda Sulbar di UEA

Arsip : Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (tengah), FOTO/Istimewa

Mamuju, (Antaranews Sulbar) - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar akan memimpin delegasi untuk mempromosikan Sumber Daya Alam (SDA) daerah ini di Uni Emirat Arab (UEA). 

 "Melalui coffee morning akan membahas kerja kita ke depan serta membicarakan rencana saya yang akan memimpin delegasi ke Uni Emirat Arab dalam melakukan promosi sumber daya alam Sulbar," kata Ali Baal Masdar, pada Coffee Morning yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Gubernur Sulbar, di Mamuju, Kamis.

Selain Sekretaris Provinsi Muhammad Idris, coffee morning itu juga dihadiri Asisten II Muh Hamzah, Asisten III Djamila serta para pimpinan organisasi perangkat daerah lingkup pemerintah provinsi setempat.

Misi utama Pemprov Sulbar ke luar negeri itu, lanjutnya, yakni mengembangkan misi daerah dalam melakukan promosi dan join bagi perusahaan-perusahaan, sehingga dapat membangun peluang kerja yang besar bagi provinsi ke-33 itu.

"Dalam mengemban misi tersebut, membutuhkan waktu yang lama, sehingga sejumlah tugas di daerah dilimpahkan kepada Wagub dan Sekprov Sulbar dan diharapkan kepada semua OPD dapat bekerja maksimal dan terus membangun komitmen dan sinergi demi Sulbar yang maju, sehingga dapat setara dengan daerah lain," ujar Ali Baal Masdar.

Sekretaris Provinsi Sulbar Muhammad Idris menyampaikan bahwa agenda coffee morning bertujuan mendapatkan sejumlah komitmen baru di awal tahun 2019 dalam suasana yang lebih cair atau dalam kondisi nonformal.

Dia menjelaskan, salah satu kesepakatan bersama tentang keinginan Gubernur Sulbar untuk melakukan evaluasi dan monitoring pimpinan setiap bulan sebagai cerminan dan tolok ukur keberhasilan Pemprov Sulbar di tahun 2018.

Selain itu, katanya lagi, dalam waktu singkat seluruh pimpinan OPD terkait harus dapat merespons dengan sigap keinginan Gubernur Sulbar demi mempercepat program Sulbar tahun 2020 dan diharapkan Bappeda Sulbar dapat merencanakan program 2020 tersebut secepatnya.

"Saya berharap saat Gubernur kembali, kita akan mencoba `break down` bagi kawan-kawan yang tidak berangkat," kata Idris.

Ia mengatakan, pada bulan Maret, pemprov akan melakukan perencanaan integrasi dalam Eksekutif Sulbar Meeting pada momen 2020, saat para pimpinan OPD Sulbar akan berada di Jakarta melakukan presentasi dalam rangka menyiapkan lima misi Pemprov Sulbar, di dalamnya terdapat poin penting terkait isu-isu strategi.

Dia menyebutkan, pada tanggal 4 hingga 5 Maret 2019 akan diadakan pra-rakortek dan kegiatan forum lintas OPD, sehingga setiap kepala OPD akan berhadapan langsung dengan kementerian terkait sehingga mengharapkan para pimpinan segera mempersiapkan diri sejak dini.

"Momentum ini sangat strategis, karena masuk dalam momen 2020 dan 2024,?sehingga dimohon para OPD dapat mengagendakan program kegiatannya pada tanggal 4 dan 5 Maret 2019. Jadi semua agenda pada tanggal tersebut sudah dikosongkan demi fokus kita di Jakarta nanti," ujar Idris pula.

Pada bulan ini, Pemprov Sulbar, lanjutnya, akan kedatangan tamu dari Komisi V DPR RI bidang infrasruktur.

"Maka dari itu diharapkan para pimpinan OPD untuk tetap berada di tempat selama Gubernur Sulbar masih di luar negeri. Kita tidak ingin melihat ada OPD yang satu kuat dan yang satu lemah. Kita ingin memastikan semua kekuatan dapat terdistribusi satu sama lain," kata Idris lagi.
Pewarta :
Editor: M Darwin Fatir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar