Berita Terkait
Rumbia, Sultra (ANTARA News) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Cabang Pembantu Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, belum memiliki jaringan internet, sehingga kesulitan untuk mengakses sistem informasi perbankan secara online dari Bank Indonesia (BI) Kendari.

"Kami harus selalu minta bantuan ke BPD Pusat di Kendari, untuk mendapatkan informasi Perbankan bagi calon debitur," kata Kepala BPD Cabang Pembantu Bombana, Asruddin, di Rumbia, Rabu.

Kesulitan mengakses sistem layanan informasi perbankan secara online akibat tidak adanya layanan internet di daerah ini, kata Asruddin, akan berpengaruh terhadap tingkat pelayanan pelanggan.

"Dampak yang akan dirasakan pelanggan berupa terjadinya penundaan pembayaran atas usulan kreditnya ke BPD, karena harus menunggu print out data informasi calon pelanggan PNS dari BPD Pusat di Kendari," katanya.

Tidak adanya layanan internet tersebut, kata Asruddin, menjadi kendala utama pihak BPD Cabang Pembantu Bombana dalam mewujudkan upaya untuk bisa memberikan pelayanan dan merampungkan administrasi pelanggan dalam kurun waktu satu hari saja, khususnya bagi pelanggan yang mengajukan permohonan kredit ke BPD.

"Kalau saja jaringan internet itu ada, tentu data informasi calon pelanggan, bisa dicetak disini, sehingga semua adminsitrasi bisa dirampungkan dalam sehari untuk proses penyaluran dana kredit, tetapi karena jaringan internet tidak ada, maka nasabah harus menunggu paling cepat satu minggu, karena cetaknya dari BPD Sultra di Kendari," katanya.

Menurut Asruddin, sistem informasi Perbankan tersebut sangat penting, sebab merupakan referensi yang digunakan untuk mengetahui jika calon nasabah memiliki atau tidak memiliki angsuran di bank-bank lain.

"Jadi informasi perbankan yang diakses secara online dari BI itu adalah dasar bagi pihak bank untuk menyalurkan kredit kepada nasabah, khususnya kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengajukan dana kredit," katanya. 
(T.pso-310/M019) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar