Dubes RI - Takhta Suci Vatikan promosikan nilai kemanusiaan

id dubes vatikan,takhta suci vatikan ,promosi soal kemanusiaan

Paus Fransiskus melambaikan tangannya usai Misa Minggu Palem di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (29/3). (REUTERS/Max Rossi )

London (Antaranews Sulsel) - Duta Besar Asia untuk Vatikan yang tergabung dalam Duta Besar Asia untuk Takhta Suci mengadakan pertemuan dengan Dr Paolo Ruffini, pimpinan Departemen Komunikasi Takhta Suci Vatikan di Vatikan untuk mempromosikan soal kemanusiaan.

Pensosbud KBRI Vatikan Wanry Wabang kepada Antara London, Kamis mengatakan pertemuan ini digagas Dubes RI untuk Vatikan, Antonius Agus Sriyono sebagai tindak lanjut keketuaan Indonesia dalam forum tersebut.

Mengawali pertemuan, Dubes Agus Sriyono menyampaikan apresiasi kepada  Dr. Ruffini yang meluangkan waktu bertemu dengan Kepala Perwakilan Asing khususnya dari Asia untuk berdiskusi lebih lanjut terkait bagaimana Departemen Komunikasi Takhta Suci Vatikan dapat mempererat kerja samanya dengan kedubes asing di masa datang mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan dan mencari solusi dari berbagai persoalan dan tantangan global.

Dr. Ruffini dalam pernyataannya mengatakan sangat senang bertemu dengan para Duta Besar dan pertemuan tersebut merupakan kesempatan mendapatkan masukan terkait bagaimana komunikasi antara perwakilan asing dan media resmi Vatikan dapat berjalan lebih baik lagi.

Dikatakannya di bawah kepemimpinannya, Departemen Komunikasi Takhta Suci Vatikan saat ini sedang mengalami proses reformasi organisasi secara internal sehingga akan banyak perubahan dalam waktu dekat, namun semua saran dan masukan yang diberikan akan menjadi perhatian Departemen Komunikasi Takhta Suci Vatikan.

Adapun sejumlah pokok penting yang dikemukakan para dubes antara lain media resmi Vatikan dapat menghubungi Kedubes masing-masing jika ada liputan yang akan dimuat sehingga kebenaran dan keabsahan liputan dapat dikonfirmasi sebelumnya. Perlunya "vocal point" di

Departemen Komunikasi Takhta Suci Vatikan yang dapat menjadi penghubung dengan para Kedubes Asing.

Selain itu perlunya diadakan pertemuan rutin setiap triwulan antara Departemen Komunikasi Takhta Suci Vatikan dengan para Duta Besar dan kemungkinan penambahan siaran berita dari Vatikan dalam Bahasa Indonesia atau Melayu di masa datang.

Duta Besar Asia untuk Tahta Suci (Asian Ambassadors to the Holy See) merupakan forum yang dibentuk Kedubes Asing Asia dan Timur Tengah untuk Vatikan yang terdiri dari 13 negara yakni, Australia, Filipina, Indonesia, Iran, Irak, Jepang, Korea Selatan, Lebanon, Malaysia, Mesir, Taiwan, Timor Leste, dan Turki. Indonesia menjadi ketua forum ini untuk periode 2018-2019.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar