Toraja Utara Masuk Top 3 Versi Kementerian Pariwisata

id torut,kalatiku paembonan

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan (ANTARA FOTO/Suriani Mappong)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), merupakan kategori "Top 3" setelah Bali dan Danau Toba menurut versi Kementerian Pariwisata.

"Daerah kita memang top 3, namun di sisi lain ada kesedihan juga karena belum masuk dalam 10 destinasi wisata nasional yang jadi prioritas promosi pemerintah pada 2017," kata Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan menanggapi kondisi pariwisata di wilayah kerjanya, Minggu.

Dia mengatakan tidak masuknya Toraja Utara dalam 10 besar destinasi wisata nasional karena kendala infrastruktur, sehingga ke depan, dia berharap kendala tersebut sudah dapat diatasi.

Apalagi komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel yang dinahkodai Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo terus berjuang kepada pemerintah pusat agar kondisi pariwisata di Toraja dapat ditingkatkan. "Objek wisata dan budaya di Toraja Utara, khususnya kuburan di atas gunung batu, tidak ada samanya di daerah lain," kata Kalatiku.

Oleh karena itu, pihaknya optimistis potensi wisata di Toraja Utara akan terus membaik dan menjadi primadona, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan asing.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara berusaha melestarikan budaya setempat, dengan menularkan pengetahuan dan pemahaman tentang adat istiadat etnis Toraja, termasuk melestarikan objek wisata dan budaya. "Salah satu caranya dengan memperkenalkan tari-tarian tradisional pada anak-anak sejak dini dan menjadikan bahasa daerah sebagai pelajaran muatan lokal," katanya.
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar