Gubernur minta mutasi guru dikomunikasikan ke daerah

id nurdin abdullah,gubernur sulsel, mutasi guru ,dinas pendidikan sulsel,irman yasin limpo

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (Antaranews Sulsel/Abdul Kadir/18)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah meminta agar masalah mutasi dikomunikasikan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel ke daerah (kabupaten/kota) untuk mengatasi masalah ketersediaan guru di daerah terpencil.

"Kuncinya kita komunikasi dengan kabupaten/kota, mereka punya data orang-orang yang di daerah, mereka tahu, ini guru asli kami, kita tawarkan mau pindah ngak ke situ (daerah asalnya)," jelasnya yang ditemui di Makassar, Jumat.

Menurutnya upaya mendekatkan guru dengan sekolah harus dilakukan karena penting untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar.

"Orang mengajar perlu `mood,` kalau letak sekolah jauh, jauh dari sekolah ini akan merusak mood," ujarnya.

Sementara Kepala Disdik Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan pihaknya telah memproses mutasi guru sesuai instruksi gubernur mengenai zonasi guru, agar guru didekatkan dengan sekolah.

"Sejak gubernur memberikan instruksi, sampai saat ini setiap hari kami memproses mutasi," ujarnya tanpa menyebutkan secara detail jumlah guru yang telah dimutasi.

"Yang jelas setiap hari, kami menandatangani mutasi guru," lanjutnya.

Sebelumnya, pada apel pertama usai dilantik sebagai Gubernur Sulsel, Nurdin mengatakan ke depan zonasi guru penting dilakukan untuk mendekatkan guru ke sekolah.

"Saya minta, guru ini adalah tulang punggu yang akan mencerdaskan bangsa, sehingga harus diberi ketenangan," tambah dia.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar