PLN Regional Sulawesi luncurkan program unggulan

id PLN Regional Sulawesi Melalui Milenial Luncurkan program unggulan

PLN Regional Sulawesi luncurkan program unggulan

Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Kalimantan Syamsul Huda yang membuka dan melaunching program unggulan di Manado, Senin (21/10/2019) ANTARA/HO

Manado (ANTARA) - PLN Regional Sulawesi melalui kaum milenial meluncurkan beberapa program unggulan dalam meningkatkan pelayanan kepala pelanggan dan masyarakat di daerah tersebut.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Kalimantan Syamsul Huda di Manado, Senin menjelaskan, program unggulan yang telah diluncurkan ini merupakan ide dan terobosan para kaum milenial PLN Regional Sulawesi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami menaruh kepercayaan penuh kepada milenial, karena suatu ketika nanti yang akan mengendalikan perusahaan ini adalah para kaum milenial," kata Huda.

Sehingga, katanya, mereka harus diberikan ruang yang lebih untuk membuat sesuatu bagaimana caranya agar perusahaan ini lebih baik dan lebih disenangi oleh masyarakat karena kualitas pelayanannya yang baik.

Dia menjelaskan dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja perusahaan, PLN Regional Sulawesi meluncurkan beberapa program unggulan yang diselenggarakan di Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Gorontalo dalam wilayah kerja PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo).

Program unggulan ini digagas oleh manajemen dan seluruh pegawai yang ada di lingkungan PLN Regional Sulawesi. Adapun program yang dilaunching tersebut yaitu Program Yantek EAM, Program Kota Sejuta Cahaya, Program KAM dan RAM, serta Program Toraja Spirit Competition.

Program unggulan yang pertama yaitu Pelayanan Teknik (Yantek) EAM, program yang bertujuan dalam rangka sinergi antara PLN dengan anak perusahaan yaitu PLN Tarakan dimana dilakukan pengoptimalan kegiatan pemeliharaan dan upaya mengasuransikan (assurance) bahwa tidak ada gangguan setelah pemeliharaan dan berbasis aset manajemen, serta sistem yang memonitor workflow secara terus menerus.

Pada akhirnya MTBF atau Mean Time Beetwen Failure pada aset PLN semakin baik. MTBF merupakan turunan dari indikator keberhasilan keandalan pada SAIDI SAIFI. Kick Off EAM sendiri sudah sejak bulan April 2019 dimana semangatnya adalah merdeka dengan EAM ditanggal 17 Agustus 2019 dan telah berhasil mengimplementasi EAM di 13 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan dari 17 Unit Pelaksanan Pelayanan Pelanggan dan tersisa 4 Unit yang belum terimplementasi. Dan tekat PLN Regional Sulawesi untuk menyelesaikan EAM 100 perseb di Hari Listrik Nasional tahun 2019 ini.

Dalam EAM ini juga terdapat parameter untuk pemantauan status kesehatan aset, atau yang biasa disebut Healty Index, sehingga dengan adanya parameter tersebut tentu lebih optimal dan percaya diri dalam melayani dan menyambung pelanggan karena yakin akan keandalannya.

Jika sudah EAM maka harus Yantek EAM, dan ini adalah sebuah langka untuk menuju kinerja yang lebih baik dimana merupakan cara sederhana berkoordinasi antara Aset Operator PLN Tarakan dengan Aset Manager.

Program unggulan yang kedua yaitu Kota Sejuta Cahaya, program ini merupakan program kerjasama antara PLN, Pemerintah Daerah, dan masyarakat yang mempunyai multiple effect simsiosis mutualisme.

Dengan membangun PJU mandiri oleh Pemda dan masyarakat pada suatu kawasan serta memberikan edukasi kepada masyarakat seputar fungsi lain daripada penggunaan listrik dan juga listrik sebagai lifestyle.

Program unggulan yang ketiga yaitu KAM (Key Account Marketing) dan RAM (Retail Account Marketing), merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan listrik kepada masyarakat ini menyediakan tools pemasaran produk layanan yang mampu memantau secara masif dan selektif dari mulai tahapan probing kepada pelanggan, customer intimacy, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program.

Adapun beberapa fitur pada aplikasi KAM dan RAM ini seperti, dashboard, monitoring aktivitas probing, informasi produk/promo, progress status, tracking, the best marketers, dan report.

Program unggulan yang keempat yaitu Toraja Spirit Competition, kompetisi yang berorientasi pada pencapaian kinerja Penjualan dan Pendapatan Tenaga Listrik tingkat Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), Unit Layanan Pelanggan (ULP), dan tim.

Kompetisi ini fokus Lead Measure X-Man 4 Expert sehingga akan memicu semangat unit dalam memenangkan Lead Measure dan akan dapat meningkatkan penjualan tenaga listrik. Adapun tahapan dalam Toraja Spirit Competition ini dimulai dari tahapan internalisasi dan sosialisasi, launching program, penilaian program, dan tahapan evaluasi.

Turut hadir dalam pelaksanaan launching program unggulan tersebut Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Kalimantan Syamsul Huda yang membuka dan melaunching program unggulan tersebut, jajaran manajemen di lingkungan PLN Regional Sulawesi mulai dari para Executive Vice President (EVP), Vice President (VP), dan seluruh General Manager se-regional Sulawesi beserta jajarannya. Turut hadir pula dalam acara tersebut Direktur PLN Tarakan yang bersama-sama dengan seluruh tamu undangan.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar